Mengintip Kandungan Vitamin Penambah Darah yang Bantu Atasi Anemia
Ilustrasi penderita anemia (Pexels/Ron Lach)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anemia adalah suatu kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah daripada jumlah normalnya. Penderita anemia atau kurang darah sering merasa cepat lelah, pusing, lemas dan sering mengantuk, terlebih saat tekanan darah rendah. Akan tetapi, gejala tersebut bisa diatasi dengan vitamin penambah darah.

Kandungan Vitamin Penambah Darah

Perlu diketahui, vitamin atau suplemen penambah darah bisa dengan mudah dibeli di apotek. Vitamin penambah darah memiliki label hijau, yang artinya masuk dalam golongan obat bebas dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsinya, Ada baiknya Anda mengetahui kandungan suplemen penambah darah yang bisa mengatasi anemia.

Adapun bahan aktif yang terdapat pada produk vitamin penambah darah antara lain:

  1. Iron atau zat besi

Zat besi yang disimbolkan dengan Fe, memiliki peranan penting proses perpindahan oksigen. Zat besi memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan hemoglobin dan membantu sel darah merah dari paru-paru menuju berbagai jaringan.

Zat besi banyak terkandung dalam daging merah, sayuran, dan makanan sehat lainnya.

  1. Vitamin C dan B12

Selain zat besi, formulasi suplemen penambah darah juga memasukkan vitamin C dan B12 sebagai bahan aktif. Kedua jenis vitamin ini sangat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin.

Vitamin B12 berkontribusi terhadap pembentukan sel darah merah. Sementara vitamin C membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi di hati.

  1. Asam folat

Asam folat atau vitamin B9 juga termasuk dalam bahan aktif yang terdapat pada produk suplemen penambah darah. Asam folat berfungsi membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, produksi sel darah merah akan berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Rekomendasi Vitamin Penambah Darah

Ilustrasi vitamin penambah darah
Ilustrasi vitamin penambah darah (akirEVarga/Pixabay)

 

Berikut rekomendasi produk vitamin penambah darah yang bisa Anda beli di apotek terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 19 Novemer 2022:

  1. Sangobion (MERCK)

Sangobion adalah suplemen penambah darah yang diproduksi oleh perusahaan farmasi MERCK. Suplemen ini mengandung zat besi (Fe) sebanyak 259 mg, serta mengandung vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh untuk mengatasi anemia, seperti vitamin C, vitamin B12, dan asam folat.

  1. Hufabion

Produk suplemen penambah darah yang diproduksi oleh Gratia Husada Farma ini merupakan kapsul multivitamin yang dapat membantu proses penyembuhan dan pencegahan anemia.

Dalam Hufabion terkandung Fe fumarat sebesar 250mg. Bahan aktif lainnya yang terkandung dalam Hufabion antara lain mangan sulfat, tembaga sulfat, vitamin C, vitamin B12, dan asam folat. Produk ini aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

  1. Blackmores Bio Iron Advanced

Suplemen yang diproduksi oleh Kalbe Blackmores Nutrition ini merupaka formula zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengantarkan oksigen, dan membantu mengurangi rasa kelelahan akibat kurangnya asupan zat besi yang cukup.

Produk ini mengandung zat besi sebanyak 20mg, vitamin C 170mg, betakaroten 1.35mg, asam folat 300 mcg, vitamin B12 50mcg, vitamin B6 5mg, dan riboflavin 1,3mg.

  1. Sakatonik Liver

Selain ketiga suplemen di atas, Sakatonik Liver juga bisa dijadikan opsi sebagai penambah darah, karena mengandung Vitamin B1, B2, B5, B6, B12, Kalsium Fosfat, Mangan Sulfat, dan Asam Folat.

  1. Tonikum Bayer

Tonikum Bayer termasuk ke dalam golongan obat bebas yang berfungsi sebagai penambah darah.

Dalam 15 ml, terkandung vitamin B1 15 mg, vitamin B2 2,25 mg, vitamin B3 22,5 mg, vitamin B6 3 mg, vitamin B12 15 mcg, vitamin C 150 mg, ferrous gluconate 20 mg, calcium gluconate 100 mg, mangan sulfate 2 mg, zinc sulfate 5 mg.

Vitamin penambah darah yang diproduksi oleh Bayer Indonesia ini bisa dikonsumsi mulai dari dewasa hingga anak-anak.

Demikian informasi seputar vitamin penambah darah yang bisa bantu atasi anemia. Semoga bermanfaat!