Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil Lengkap dengan Manfaat dan Tips Memenuhinya
Ilustrasi ibu hamil (Freepik-Yanalya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Calon ibu dan calon ayah harus tahu pentingnya asam folat untuk ibu hamil. Pengetahuan tersebut penting sebagai salah satu bekal parenting sebelum menjalani program kehamilan.

Secara umum asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan. Secara alami asam folat ditemukan pada beberapa makanan misalnya kacang kering, kacang polong, jeruk, atau makanan produk gandum.

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Harus diketahui bahwa asam folat sangat penting untuk ibu hamil karena manfaatnya tidak hanya berimbas pada ibu hamil namun pada janin. Saking pentingnya asam folat, dokter akan memberikan vitamin tersebut kepada ibu hamil dan harus diminum setiap hari.

Dikutip dari AI Care, kebutuhan asam folat juga dibutuhkan pada wanita hamil maupun tidak hamil. Ketika sedang tidak hamil, wanita butuh sekitar 200 mikrogram asam folat per hari. Sedangkan saat hamil jumlah asam folat yang disarankan adalah sebesar 400 mikrogram.

Di trimester pertama, dosis asam folat yang dibutuhkan sama, jumlahnya naik di trimester kedua sampai usia kehamilan 9 bulan dengan dosisi sebesar 600 mikrogram. Lalu saat ibu melahirkan dan menyusui kebutuhan dosis sebesar 600 mikrogram asam folat.

Manfaat Asam Folat

Ada banyak manfaat asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil sehingga dokter kandungan sering memberikan vitamin ini. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Memaksimalkan Pembentukan Plasenta

Asam folat berguna untuk memaksimalkan pembentukan plasenta atau ari-ari pada kandungan. Plasenta adalah lapisan yang berkembang di rahim. Organ tersebut hanya muncul di masa kehamilan. Fungsi plasenta sendiri salah satunya ialah membantu mengalirkan nutrisi dan oksigen ke janin. Asam folat membantu pembentukan plasenta dengan baik.

  1. Memperkecil Risiko Preeklamsia

Manfaat lain asam folat pada ibu hamil adalah mencegah risiko preeklamsia yakni komplikasi pada ibu yang sedang mengandung. Komplikasi ini ditandai dengan tekanan darah ibu yang terus naik serta terjadinya kelebihan protein di urine. Belum diketahui secara pasti apa pemicu preeklamsia namun asam folat membantu menurunkan risiko tersebut.

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi termasuk asam folat untuk membantu produksi sel darah merah. Dengan asam folat, ibu hamil bisa terhindari dari anemia yang jadi pemicu lahir prematur, kelahiran bayi berbobot badan rendah, dan pendarahan saat melahirkan.

  1. Cegah Cacat Tabung Saraf Janin

Gangguan kesehatan janin yang mungkin terjadi adalah cacatnya tabung saraf seperti anensefali dan spina bifida. Anensefali sendiri merupakan kelainan yang terjadi pada bayi berupa ketiadaan sebagian otak serta tulang tengkorak. Kondisi ini cukup berbahaya hingga memicu kematian pada bayi.

Sedangkan spina bifida adalah sebuah kondisi yang dicirikan dengan adanya kelainan pada saraf tulang belakang. Kondisi ini memicu komplikasi pada bayi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Bawaan Pada Janin

Janin berpotensi memiliki penyakit jantung bawaan jika ibu hamil kekurangan asam folat. Untuk memperkecil risiko tersebut disarankan untuk mengonsumsi asam folat tiap hari.

Tips Mencukupi Asam Folat pada Ibu Hamil

Meski dokter kandungan akan memberikan suplemen untuk menambah asam folat, namun kadang ibu hamil kesulitan mengonsumsi suplemen tersebut setiap hari. Ibu hamil disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, termasuk yang mengandung asam folat. Tips mencukupi kebutuhan asam folat pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan sebagai berikut.

  1. Sayuran hijau seperti bayam, asparagus, kale, selada, kol, atau brokoli dan masih banyak lagi
  2. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali, pepaya, pisang, jambu biji, nangka, dan masih banyak lagi
  3. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong dan masih banyak lagi
  4. Makanan tinggi protein seperti hati ayam, hidangan laut, daging unggas, hati sapi, daging merah, telur, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi terkait pentingnya asam folat untuk ibu hamil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.