Bagikan:

JAKARTA - Perawatan rambut bukan hanya soal penampilan. Ini tentang menjaga kesehatan dan kepercayaan diri. Baik Anda sedang mengatasi rambut rontok atau ingin mendapatkan helai yang lebih lebat, berikut panduan komprehensif membantu pria melakukan perawatan rambut secara efektif, dikutip Times of India, Kamis, 4 Juli.

Memahami Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pola rambut rontok pada pria terjadi di bagian depan, atas, dan tengah. Sedangkan wanita mengalami kerontokan rambut terutama di bagian ubun-ubun dan bagian atas kulit kepala akibat perubahan hormonal.

Penyebab lainnya termasuk faktor stres, kekurangan nutrisi, obat-obatan tertentu, dan penyakit kulit kepala. Mengatasi masalah kesehatan mendasar dengan segera sangatlah penting. Kekurangan nutrisi harus ditangani dengan suplemen atau obat yang diresepkan oleh profesional kesehatan. Rontok yang disebabkan karena faktor hormonal dapat diatasi dengan terapi plasma kaya trombosit (PRP) di bawah bimbingan medis.

Melakukan Rutinitas Perawatan Rambut

BL Jangid, Dokter Kulit, Ahli Bedah Transplantasi Rambut dan Pendiri Klinik SkinQure di Delhi Selatan menyebutkan bahwa rutinitas perawatan sangat penting menjaga kesehatan rambut. Bagi pria, menjaga rambut tetap pendek menyederhanakan perawatan dan memastikan perawatan lebih mudah. Dianjurkan untuk mencuci rambut setiap dua hari sekali dengan sampo lembut bebas sulfat.

Bagi mereka yang berketombe, sampo berbahan sulfat memberikan pembersihan yang efektif, diikuti dengan kondisioner berkualitas untuk mengembalikan kelembaban dan mengatasi rambut kusut. Namun, jika ketombe tidak menjadi masalah, sampo bebas sulfat sangat ideal untuk perawatan rutin, dan penggunaan kondisioner bisa menambah keindahan rambut.

Melindungi Rambut dari Kerusakan

Penggunaan produk perawatan rambut yang panas setiap hari dapat merusak kutikula sehingga menyebabkan kekeringan dan kerusakan. Dianjurkan membatasi produk penataan rambut seperti gel dan wax karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan penumpukan produk, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit kepala dan rambut rontok.

Menjaga Pola Makan Seimbang

Pola makan seimbang kaya zat besi, vitamin (terutama B12), protein, dan asam folat mendukung kesehatan rambut. Suplemen tambahan hanya boleh dikonsumsi berdasarkan hasil identifikasi melalui tes darah.

Bertentangan dengan kepercayaan umum, mengonsumsi suplemen biotin untuk pertumbuhan rambut tidak memiliki dukungan ilmiah yang kuat kecuali memang ada kekurangan yang dikonfirmasi. Asupan biotin normal dari makanan sehat sudah mencukupi bagi sebagian besar individu, sehingga suplemen tidak diperlukan kecuali jika diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala bersih sangat penting bagi pertumbuhan rambut sehat. Hindari penggunaan minyak kulit kepala secara berlebihan, karena minyak berlebih dapat sebabkan penumpukan dan masalah kulit kepala. Memijat kulit kepala dengan lembut saat keramas merangsang sirkulasi darah, meningkatkan pengiriman nutrisi ke folikel rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Kesimpulan

Kesimpulannya, perawatan rambut efektif bagi pria melibatkan penerapan rutinitas yang memenuhi kebutuhan. Mulai dari memilih produk tepat dan sesuai dengan jenis rambut masing-masing hingga mengatasi potensi kerontokan rambut dengan panduan medis yang tepat, setiap langkah berkontribusi pada rambut lebih sehat dan kuat. Ingat, pendekatan proaktif terhadap perawatan rambut tidak hanya meningkatkan penampilan tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri. 

Dengan mengintegrasikan praktik-praktik ini ke dalam rutinitas harian, Anda dapat memastikan rambut tetap kuat, berkilau, dan terawat selama bertahun-tahun ke depan. Disarankan mengunjungi dokter kulit bersertifikat jika terjadi kerontokan rambut parah. Melakukan pengobatan sendiri atau menerapkan pengobatan rumahan dapat memperburuk kondisi.