Bagikan:

JAKARTA - Menumbuhkan kuku yang panjang dan kuat bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan perawatan dan perhatian yang tepat, hal ini sepenuhnya dapat dicapai. Kuku yang sehat bukan hanya sekedar tentang kecantikan tetapi juga merupakan tanda kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah trik pamungkas untuk membantu Anda mencapai kuku impian, dilansir dari Times of India, Kamis, 13 Juni.

Perawatan dari dalam

Kuku sehat dimulai dengan pola makan yang seimbang. Nutrisi memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan kekuatan kuku. Berikut beberapa vitamin yang bisa Anda konsumsi demi mendapatkan kuku sehat, kuat, dan berkilau.

Biotin: Vitamin B ini penting untuk pertumbuhan kuku. Makanan kaya biotin antara lain telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ubi jalar. Anda juga dapat mempertimbangkan suplemen biotin setelah berkonsultasi dengan dokter.

Protein: Kuku terbuat dari keratin yang merupakan bentuk dari protein. Pastikan Anda mendapatkan cukup protein dari sumber seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Zat Besi: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kuku rapuh. Gabungkan makanan kaya zat besi seperti bayam, daging merah, dan lentil ke dalam asupan gizi harian Anda. 

Asam Lemak Omega-3: Ditemukan pada ikan, kenari, dan biji rami, omega-3 menjaga kuku Anda tetap terhidrasi dan fleksibel.

Tetap terhidrasi: Dehidrasi memengaruhi seluruh tubuh, termasuk kuku Anda. Minumlah banyak air setiap hari untuk menjaga kelembapan kuku dan kutikula Anda.

Perawatan dari luar

Selain perawatan dari dalam, perlu juga dilakukan perawatan dari luar. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kuku supaya lebih kuat, yakni;

Gunakan penguat kuku: Penguat kuku memang bermanfaat, tetapi harus digunakan dengan benar. Pilihlah penguat kuku yang tidak mengandung formaldehida. Pasalnya kandungan ini dapat membuat kuku rapuh jika digunakan dalam waktu lama. Selain itu, gunakan penguat sesuai petunjuk, biasanya tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu.

Lindungi kuku: Aktivitas sehari-hari dapat berdampak buruk pada kuku. Lindungi kuku untuk mencegah kuku dari kerusakan.

Sarung tangan: Kenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga, terutama saat menggunakan bahan pembersih atau mencuci piring.

Hindari bahan kimia keras: Gunakan penghapus cat kuku yang lembut dan hindari produk berbahan dasar aseton yang dapat membuat kuku kering.

Dipotong secara teratur: Perawatan rutin membantu mencegah kulit pecah dan rusak lebih parah. Potong juga kuku setiap dua minggu agar panjangnya bisa diatur dan mencegah tersangkut. 

Kikir dengan benar: Gunakan kikir kuku berbutir halus dan kikir dengan satu arah untuk menghindari kuku melemah.

Melembabkan kuku dan kutikula: Menjaga kelembapan kuku dan kutikula adalah kunci mencegah kekeringan dan kerusakan.

Minyak kutikula: Oleskan minyak kutikula setiap hari untuk menjaga kutikula Anda tetap terhidrasi dan sehat. Carilah minyak yang mengandung bahan bergizi seperti vitamin E, minyak jojoba, dan minyak almond.

Krim tangan: Gunakan krim tangan yang baik setelah mencuci tangan untuk mengunci kelembapan.

Hindari penggunaan kuteks berlebih: Kuteks atau cat kuku memang menyenangkan, tetapi berlebihan dapat merusak kuku Anda.

Istirahatkan kuku: Istirahatkan kuku Anda dari kuteks setiap beberapa minggu agar kuku bisa bernapas.

Lapisan dasar: Selalu gunakan lapisan dasar untuk melindungi kuku Anda dari noda dan kerusakan.

Bersikaplah lembut dengan kuku: Rawat kuku Anda dengan hati-hati untuk menghindari kuku rusak. Jangan gunakan kuku untuk membuka kaleng atau mengikis label. Hal ini dapat menyebabkannya kuku pecah atau terbelah. Sebagai bentuk perawatan kuku, cobalah kikir dan poles kuku dengan lembut agar tidak menipis.