Trik Merawat Perhiasan Emas agar Warnanya Tidak Cepat Pudar
Ilustrasi (The Glorious Studio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Emas merupakan salah satu jenis logam yang paling banyak dijadikan perhiasan. Dari zaman dahulu sampai sekarang, banyak wanita mengoleksi perhiasan emas, bisa dalam bentuk anting, gelang, kalung, dan cincin. Perhiasan emas juga biasanya diberikan pada pasangan untuk momen-momen penting seperti tunangan dan pernikahan. 

Kalau Anda termasuk yang suka mengoleksi perhiasan emas, jangan lupa dirawat ya! Sebab perhiasan emas juga bisa mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan baik, minimal warnanya akan memudar seiring waktu. Mengingat harga emas cukup tinggi dan bisa jadi investasi, tidak ada salahnya memerhatikan perawatannya agar lebih awet dan tetap cantik sampai bertahun-tahun. 

Perawatan emas sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Mari simak tipsnya berikut ini: 

Lepas perhiasan saat mandi 

Buat Anda yang terbiasa pakai perhiasan emas setiap hari, sebaiknya lepas dulu saat mandi. Sebab saat mandi, tubuh akan terkena produk-produk dengan kandungan bahan kimia, mulai dari sampo, sabun, dan pembersih wajah. Melepas perhiasan saat mandi artinya mengurangi paparan bahan kimia terhadap emas. 

Setelah mandi, sebaiknya gunakan body lotion dan parfum terlebih dahulu. Jika semua produk kecantikan sudah menyerap dengan baik ke kulit, baru gunakan kembali perhiasan Anda. 

Simpan di kotak perhiasan

Cara menyimpan emas juga tidak boleh sembarangan. Saat tidak dipakai, Anda bisa menaruh perhiasan di dalam kotak. Tidak harus kotak perhiasan, bisa pakai kotak-kotak dengan sekat saja agar koleksi tertata rapi dan pastinya tidak menumpuk. Intinya simpanlah emas di dalam wadah dan jangan biarkan satu sama lain saling menempel agar warnanya tidak cepat pudar. 

Terutama untuk kalung dan anting-anting yang panjang, jangan sampai disimpan asal karena bisa saling menempel dan terbelit. 

Cuci emas dengan campuran detergen

Secara berkala, Anda harus membersihkan koleksi perhiasan emas. Caranya mudah, Anda bisa membuat larutan campuran dari detergen dan soda dalam wadah. Kemudian masukkan perhiasan dalam wadah tersebut, diamkan 10-20 menit, lalu angkat dan bersihkan dengan sikat lembut. Untuk perhiasan dengan rantai, sebaiknya masukkan ke dalam wadah larutan satu per satu agar tidak terbelit Setelah disikat, bersihkan lagi dengan air dan keringkan dengan kain lembut. 

Bersihkan dengan pasta gigi

Pilihan lain untuk membersihkan perhiasan adalah menggunakan pasta gigi. Anda tinggal mencampurkan sedikit saja pasta gigi dengan air, aduk rata agar tidak terlalu kental. Kemudian, celupkan sikat pada larutan pasta gigi, lalu sikat perhiasan perlahan-lahan agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Setelah itu, bersihkan dengan air dan keringkan.