<i>Gucci</i> Rilis <i>Aria Collection</i> dengan ‘Wajah Baru’
Ilustrasi koleksi Gucci ‘Aria’ (Source: Gucci)

Bagikan:

JAKARTA – Aria, koleksi Gucci Musim Gugur/Musim Dingin 2021 ditampilkan diluar kalender biasanya. Sejak tiga hari lalu (13/4), kanal di YouTube dan Instagram rumah mode yang diawasi ketat oleh industry fesyen meluncurkan koleksi terbarunya hasil kolaborasi dengan rumah mode Balenciaga.

Dilansir dari Vogue, Jumat, 16 April, penjualan rumah mode eksklusif ini menurun hingga pendapatan pun menurun hingga 10,3 persen. Alexandro Michele sebagai Creative Director di Gucci sejak 2015 menawarkan ide-ide baru.

Gucci bermitra dengan Balenciaga yang memiliki citra berbeda dengan desain-desain Gucci sebelumnya. Dari kesan mewah dan elegan, ‘wajah baru’ Gucci merespon penampilan yang maksimalis, netral gender, dan menyasar konsumen Gen Z.

Anusha Couttigane, analis mode utama di Kantar mengatakan bahwa kolaborasi yang dilakukan Gucci menyamarkan posisi persaingan dalam produksi mode fesyen. Justru karena langkah cerdik ‘kolaborasi’,

Gucci mengatur posisi tidak hanya sebagai rumah produksi mode tetapi juga platform budaya yang dapat mengkurasi, menyentuh merek lain, dan membangun produk lain.

Balenciaga dan Gucci memiliki kesamaan, kata Nicole Armstrong, Executive Strategy Director di agensi iklan R/GA. Keduanya sama-sama melanggar aturan dan mendorong batasan dalam desain fesyennya.

Kekhasan dalam koleksi Aria ini masih tetap sama dengan yang lalu, yaitu narasi tanpa musim, gaya khas logo merek, netral gender, kaleidoskop warna, aksesori, dan bulu bergagang bambu.

Mario Ortelli dari kantor penasihat perusahaan Ortelli & Co. menyampaikan bahwa Alessandro Michele sebagai direktur kreatif telah melaksanakan langkah yang sangat baik.

“Merek besar adalah penyiar ide dan nilai, dengan direktur kreatid yang mengaturnya dan mengambil rangsangan yang berbeda serta menggabungkannya,” terang Ortelli.

Merek yang memiliki jangkauan luas seperti Gucci maupun Louis Vuitton, tambah Ortelli, perlu mengambil langkah untuk maju dengan menghadirkan sesuatu yang berbeda tetapi tetap relevan.

Sebelum-sebelumnya, model kolaborasi untuk menciptakan suasana baru dalam mode produksinya, Gucci pernah beberapa kali melakukannya. Seperti berkolaborasi dengan The North Face, Frieze, Disney, dan Doraemon.