Gucci akan Menggelar Peragaan Busana di Istana Kerajaan Dinasti Joseon Seoul Bulan Ini
Geunjeongjeon, Gyeongbok Palace, Seoul Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Arne Hückelheim)

Bagikan:

JAKARTA - Merek ternama asal Italia, Gucci, direncanakan menggelar peragaan busana di istana kerajaan di Seoul bulan ini, sekitar enam bulan setelah acara tersebut dibatalkan karena kerumunan massa di Itaewon saat Halloween.

Gucci berencana untuk memamerkan cruise collection untuk tahun 2024 di depan Geunjeongjeon, aula utama Istana Gyeongbok, di pusat Kota Seoul pada tanggal 16 Mei.

Geunjeongjeon sendiri dahulu digunakan untuk menyelenggarakan upacara besar kerajaan dan menerima utusan asing selama Dinasti Joseon (1392-1910).

CEO Gucci, Marco Bizzarri, mengatakan dalam sebuah pernyataan, pihaknya memutuskan untuk mengadakan peragaan busana di Istana Gyeongbok karena tempat ini merupakan tempat yang mengenang masa lalu dan memberikan inspirasi untuk masa depan, melansir Korea Times 30 April.

Acara ini awalnya dijadwalkan pada 1 November tahun lalu, namun dibatalkan setelah total 159 orang tewas dalam kerumunan orang yang berdesak-desakan saat perayaan Halloween di lingkungan Itaewon, Seoul pada 29 Oktober.

Rumah mode global ini juga berencana untuk mensponsori otoritas warisan budaya Seoul selama tiga tahun untuk membantu melestarikan istana kerajaan.

"Saya berharap kolaborasi dengan Gucci akan menjadi kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk melihat pesona Istana Gyeongbok yang sesungguhnya, di mana masa lalu dan masa kini hidup berdampingan," ujar Choi Eung-chon, kepala Administrasi Warisan Budaya.