5 Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Berkilau
Ilustrasi perhiasan emas (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perhiasan emas juga membutuhkan perawatan agar terus berkilau dan mampu menunjang fashion Anda. Oleh karenanya pemilik harus tahu bagaimana cara merawat perhiasan emas. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan perawatan dengan beberapa bahan yang bisa didapatkan di rumah.

Cara Merawat Perhiasan Emas

Perlu diketahui bahwa perhiasan yang terbuat dari logam mulia emas bisa berubah warna jadi menghitam. Kondisi itu disebabkan karena kotoran yang menempel atau karena paparan bahan kimia. Agar tak kehilangan kilaunya, Anda harus melakukan sejumlah perawatan dengan memperhatikan penggunaannya, penyimpanannya, hingga melakukan pembersihan emas. Adapun tips yang bisa diikuti adalah sebagai berikut.

  1. Hindari Pemakaian Setiap Hari

Tak ada yang melarang menggunakan perhiasan emas setiap hari. Namun, disarankan untuk memakai perhiasan emas hanya di saat momen-momen penting saja. Selain lebih aman, emas yang dipakai setiap hari akan lebih cepat kotor.

Kotoran pada emas bisa disebabkan karena sabun atau karena terkena zat kimia. Anda bisa melepas emas saat melakukan pekerjaan berat seperti ketika sedang mencuci atau saat kegiatan bersih-bersih rumah. Disarankan pula melepas perhiasan emas sebelum mandi agar tidak terkena sabun. Kenakan emas setelah Anda selesai makeup atau setelah mengenakan body lotion.

  1. Hindari Pemakaian di Luar Ruangan

Cuaca dan suhu ikut menyumbang kerusakan pada perhiasan emas. Disarankan untuk tidak mengenakan perhiasan emas saat Anda beraktivitas di luar ruangan seperti saat berolahraga atau membersihkan halaman saat panas.

  1. Perhatikan Penyimpanannya

Jangan simpan perhiasan di kotak yang menimbulkan gesekan seperti kotak kayu atau kotak besi. Anda bisa menyimpannya di kotak yang di dalamnya telah dilapisi bahan lunak dan lembut. Selain itu tidak disarankan untuk melakukan penumpukan perhiasan dalam satu kotak. Hal ini dilakukan agar perhiasan tidak bergesekan satu dengan yang lainnya.

Menyimpan banyak jenis perhiasan dalam satu kotak juga tidak dianjurkan karena antar perhiasan berpotensi saling terikat.

  1. Lakukan Pembersihan Emas Secara Berkala

Pemilik perhiasan bisa membersihkan perhiasan mereka di outlet emas yang menyediakan layanan pembersihan emas secara profesional. Namun, pemilik juga bisa membersihkan perhiasan emas dengan bahan-bahan berikut ini.

  • Soda dan Detergen

Membersihkan emas bisa dilakuan dengan campuran soda dan detergen. Caranya adalah dengan mencampurkan dua zat tersebut lalu aduk hingga tercampur sempurna. Setelah itu taruh perhiasan ke dalam wadah yang berisi campuran soda dan detergen. Tunggu sekitar 10-20 menit lalu angkat. Setelah itu sikat perhiasan emas dengan sikat gigi berbulu lembut. Setelah selesai cuci bersih perhiasan lalu usap dengan kain yang lembut dan menyerap air.

  • Sabun Cuci Piring

Anda juga bisa membersihkan perhiasan emas dengan merendam perhiasan ke dalam sabun cuci piring campur air.  Tunggu selama 5 menit setelah itu sikat perhiasan dengan hati-hati. Jika dirasa sudah bersih, bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan handuk lembut.

  • Bersihkan dengan Pasta Gigi

Pembersihan perhiasan emas juga bisa dilakukan dengan campuran air dengan pasta gigi. Caranya hampir sama yakni merendam perhiasan emas dengan air dan pasta gigi lalu menyikatnya dengan sikat berbulu halus. Setelah itu gosok perhiasan perlahan dan bilas dan keringkan jika sudah selesai.

  1. Semprot dengan Jewelry Protectant Coating Spray

Jewelry protectant coating spray adalah cairan yang membantu melindungi perhiasan emas dari zat yang membuat emas jadi berubah warna. Selain itu cairan ini juga memperkecil risiko pemakainya mengalami alergi.

Itulah beberapa cara merawat perhiasan emas. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.