Meteorit dari Bulan, Mars, dan Masih Banyak Lagi Bakal Dilelang, Tertarik Beli?
Contoh batu meteorit yang akan dilelang (Christies)

Bagikan:

JAKARTA - Di Indonesia, batu akik merupakan salah satu industri yang memiliki cukup banyak penggemar. Berbagai jenis batu alam bisa diolah untuk kemudian dijadikan sebagai aksesoris tampilan. Mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga anting-anting.

Nah, jika kamu mencari batu yang benar-benar berbeda, rumah lelang Christies menawarkan batu yang tidak ada di Indonesia. Bahkan di Bumi. Pasalnya, rumah lelang yang memiliki galeri di 10 negara metropolitan ini menawarkan batu dari luar angkasa!

Melalui katalog online yang ditampilkan pada situs resmi Christies, calon pembeli juga bisa melihat ragam pilihan batu dari luar angkasa yang akan dilelang. Diperkirakan terdapat puluhan batu yang ditawarkan dalam acara lelang bertajuk “Deep Impact: Martian, Lunar, and Other Rare Meteorites”.

Meteor yang ditemukan di Fukang, Uyghur, Xinjiang (Christies)

Salah satunya adalah batu dengan berat 8 kg dengan yang memiliki tampilan garis simetris di bagian luar. Garis tersebut muncul di bagian muka yang menghadap bumi, ketika meteor memasuki atmosfer.

Christies menyampaikan bahwa batu berbentuk bola tersebut memasuki atmosfer tanpa melalui rotasi bumi. Menghunjam langsung dari ketinggian angkasa ke lokasi jatuhnya. Sebuah fenomena alam yang langka.

Menurut Christie, fenomena langka itu pula yang membuat batu memiliki tampilan unik di bagian dalamnya. Diperkirakan, batu ini akan terjual di kisaran harga 50.000 dolar Amerika Serikat (AS) hingga 80.000 dolar AS.

“Semua orang membayarngkan bagaimana seharusnya wujud meteorit –sebuah objek luar angkasa yang dipanaskan akibat gesekan akibat menembus atmosfer. Jarang ada benda yang selamat dari proses yang menghasilkan kobaran api tersebut, dan hal itu bisa terlihat dari bentuk meteorit ini,” jelas James Hyslop, Head of Science and Natural History dari Christies, Kamis, 4 Februari.

Oleh karena itu, sebagian besar batu yang dijual ditemukan dalam bentuk tak beraturan. Meskipun terdapat beberapa jenis meteorit yang dijual dalam bentuk bola, itu adalah bentuk yang tercipta dari fenomena alam yang benar-benar langka.

Proses pelelangan bebatuan meteorit akan dilakukan secara online. Calon pembeli bisa memberi harga mulai dari 9 Febrari hingga 23 Februari. Tidak semua batu dijual dengan harga tinggi dan fantastis. Rumah lelang Christies juga menyediakan batu yang dijual dengan harga mulai dari 250 dolar AS.