Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan kurap dengan cepat dalam 1 hari bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka apel dan obat antijamur dalam bentuk salep atau krim.

Dikutip dari AI-Care, kurap merupakan infeksi jamur pada kulit yang mengakibatkan munculnya ruam melingkar berwarna merah. Kurap dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kepala, tangan, kaki hingga area selangkangan.

Kurap memiliki bentuk seperti cincin atau cacing yang melingkar. Oleh sebab itu, kurap juga dikenal dengan istilah ringworm.

Adapun jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit kurap, antara lain Trichophyton, Epidemophyton, dan Microsporum.

Infeksi jamur penyebab kurap umumnya dapat diatasi dengan penggunaan antijamur topikal serta bahan-bahan alami seperti cuka apel hingga tea tree oil.

Cara Menghilangkan Kurap dengan Cepat dalam 1 Hari

Berikut ini adalah beberapa obat antijamur topikal (sediaan obat dengan efek lokal seperti salep, dan krim) dan bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan kurap dengan cepat dalam 1 hari.

1. Ketokonazole krim

Ketoconazole krim merupakan sediaan topikal yang dapat menghambat pembentukan membrane sel jamur dan juga menghambat pertumbuhan enzim jamur.

Antijamur topikal ini dapat dipergunakan untuk menghilangkan kurap dengan cepat dalam 1 hari. Ketokonazole dalam bentuk krim atau salep masuk dalam kategori obat bebas terbatas. Artinya, obat ini bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun mempunyai peringatan khusus saat menggunakannya.

2. Cotrimazole krim

Cotrimazole adalah agen antijamur dengan spektrum luas. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam kasus infeksi jamur, seperti kurap, candida vaginalis, dan panu.

Sama seperti ketoconazole, cotrimazole juga termasuk obat bebas terbatas, sehingga bisa dibeli tanpa resep dokter.

3. Cuka apel

Berbeda dengan dua obat di atas, cuka apel merupakan bahan alami yang terbuat dari sari apel. Cuka apel memiliki sifat antijamur yang kuat sehingga dapat membantu mengobati kurap.

Cara pakainya, rendam kapas dalam cuka apel murni lalu oleskan ke area yang terineksi kurap. Lakukan cara ini tiga kali sehari hingga keluhan mereda.

4. Minyak kelapa

Selain cuka apel, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menghilangkan kurap dengan cepat dalam 1 hari.

Kandungan lemak dalam minyak kelapa dapat membasmi jamur termasuk infeksi jamur kurap ringan.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga dapat melembapkan kulit dan membantu pemulihan penyakit kurap lebih cepat.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menghangatkan minyak kelapa hingga mencair lalu oleskan ke area yang terinfeksi jamur.

5. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Dengan demikian, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan kurap.

Mengoleskan lidah buaya bisa menenangkan gatal dan menghilangkan raya tidak nyaman akibat kurap. Anda bisa menggunakan ointments atau gel lidah buaya 3 kali sehari hingga keluhan mereda.

6. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri dan antijamur. Untuk menghilangkan kurap dengan kunyit, Anda bisa mencampurkan kunyit segar atau kunyit bubuk dengan sedikit air lalu aduk hingga menjadi kental. Berikutnya, oleskan pada kulit yang terinfeksi dan biarkan hingga mengering.

7. Tea tree oil

Di dalam tee trea oil juga terkandung antijamur dan antibakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi kurap

Oleskan tea tree oil menggunakan kapas atau cotton bud ke area yang terinfeksi kurap sebanyak 3 kali sehari atau hingga keluhan mereda.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan kurap dengan cepat dalam 1 hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.