Ketahui 7 Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami
Ilustrasi tahi lalat di wajah (Unsplash/Lona)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan tahi lalat bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bawang putih, tea tree oil, yodium, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman yang muncul di atas permukaan kulit.

Tahi lalat muncul karena ada penumpukan melanosit (zat pewarna) di satu area permukaan kulit.

Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, ada banyak orang yang ingin menghilangkan tahi lalat karena alasan estetika.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Sedianya, munculnya tahi lalat tak perlu dikhawatirkan. Artinya, Anda tak perlu menghilangkan tahi lalat kecuali dianggap menganggu. Seperti mempengaruhi penampilan atau jika hal itu mengiritasi karena bergesakan dengan pakaian.

Dikutip VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 12 November 2022, berikut cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan-bahan alami:

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan tahi lalat bisa dilakukan dengan mengoleskan bawang putih ke tahi lalat secara rutin.

Bawang putih mengandung enzim yang bisa menghilangkan penumpukan melanosit di permukaan kulit.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Campuran Soda Kue dan Minyak Jarak

Campuran soda kue dan minyak jarak disebut ampuh untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya, campurkan soda kue dan minyak jarak sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada tahi lalat selama beberapa minggu.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Minyak Oregano

Minyak oregano harus dicampur dengan minyak jarak sebelum digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Pencampuran dua bahan ini bertujuan agar tekstur minyak lebih encer.

Ilustrasi menghilangkan tahi lalat
Ilustrasi tahi lalat (iStockphoto)

Setelah dicampurkan, oleskan minyak ini ke tahi lalat selama beberapa minggu. Kombinasi minyak oregano dan minyak jarak diyakini dapat menghilangkan tahi lalat.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Yodium

Yodium bisa membuat bintik hitam yang muncul di atas permukaan kulit, mengelupas. Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan petroleum jelly guna melindungi kulit di sekitar area tahi lalat.

Asal tau saja, yodium memiliki sifat racun. Oleh sebab itu, Anda wajib berhati-hati selama menggunakan yodium untuk menghilangkan tahi lalat. Anda juga tidak disarankan mengoleskan yodium di area kulit yang bermasalah.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil memiliki sifat sebagai antiinflamasi (peradagan) dan antimikroba. Menggunakan minyak ini secara rutin bisa memudarkan warna tahi lalat di permukaan kulit. Jangan sampai tea tree oil tertelan karena berpotensi membahayakan kesehatan.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Sari Lemon

Selain kelima bahan alami diatas, tahi lalat yang menganggu penampilan, bisa dihilangkan dengan sari lemon.

Aplikasikan sari lemon ke tahi lalat beberapa kali sehar agartahi lalat tidak terlalu kentara.

  1. Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Lidah Buaya

Gel lidah buaya dipercaya dapat membantu menghilangkan tahi lalat. Oleh sebab itu, oleskan lidah buaya atau produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya ke tahu lalat secara rutin.

Akan tetapi, sebelum mengoleskan lidah buaya, penting untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Sebab, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap lidah buaya.

Demikian informasi seputar cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami. Aplikasikan beberapa cara di atas secara rutin agar tahi lalat yang muncul di permukaan kulit, hilang. Akan tetapi, jika tekstur tahi lalat berubah menjadi lebih besar, kasar atau keluar darah, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Ini bisa jadi tanda jika kamu mengidap kanker kulit.