Alasan Ruam Ketiak: Berikut Penyebab dan Cara Penyembuhannya
Alasan Ruam Ketiak (Gambar Jordan - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu kendala kesehatan kulit yang sangat umum terjadi yakni ruam. Ruam bisa mempengaruhi bagian badan mana saja, termasuk di ketiak. Yuk pelajari beberapa alasan ruam ketiak di sini!

Apa itu ruam ketiak?

Ruam ketiak merupakan keadaan ruam kulit yang menimbulkan bagian ketiak teriritasi serta bengkak. Keadaan ini pula menimbulkan kulit ketiak kemerahan, bersisik putih, ataupun permukaannya bergelombang.

Pada dasarnya, ketiak ialah bagian kulit badan yang rentan hadapi ruam. Kulit ketiak cenderung lebih tipis daripada kulit pada bagian yang lain.

Bagian lipatan badan ini gampang alami gesekan. Tidak hanya itu, tumbuhnya bulu ketiak dapat memerangkap kelembapan yang merangsang peradangan jamur ataupun kuman.

Ada bermacam- macam perihal yang dapat menimbulkan munculnya ruam di ketiak. Penting untuk Kalian buat mencari tahu pemicu serta perawatan yang tepat.

Alasan Ruam Ketiak

Terdapat beragam keadaan yang menimbulkan ruam ketiak, termasuk respon alergi pada kulit, peradangan, serta perawatan kulit yang salah.

Berikut ini merupakan beberapa pemicu ruam pada ketiak yang umum terjadi.

Lecet

Iritasi lebih bisa jadi terjadi pada bagian lipatan badan, baik dengan permukaan kulit itu sendiri ataupun dengan baju yang sangat longgar.

Ruam akibat baret kulit ini bakal nampak kemerahan dengan sensasi menyengat ataupun terbakar.

Mencukur bulu ketiak

Efek samping yang sangat kerap terjadi sehabis mencukur bulu ketiak yakni razor burn ataupun iritasi kulit sehabis memakai pisau cukur.

Keadaan ini ditandai dengan bercak kecil, kemerahan, serta tonjolan di dekat folikel rambut.

Biang keringat

Cuaca panas yang bercampur dengan keringat pada kulit pula dapat menimbulkan ruam serta iritasi. Keadaan ini umum disebut biang keringat ataupun heat rash.

Tidak hanya panas serta keringat, kendala kulit ini dipengaruhi sel kulit mati serta kuman.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak muncul dikala kulit ketiak bersentuhan dengan iritan ataupun alergen. Dampaknya, kulit memerah, terasa gatal, serta meradang.

Pemicu umum dari dermatitis kontak pada ketiak merupakan bahan kimia detergen serta produk perawatan pribadi, semacam deodoran ataupun losion.

Dermatitis atopik (eksim)

Eksim ataupun dermatitis atopik ialah keadaan kronis yang ditandai dengan infeksi, kulit memerah, gatal, serta mengeras.

Tanda- tanda tersebut sangat kerap Kalian temui pada area lipatan kulit, seperti ketiak, bagian dalam siku, serta bagian belakang lutut.

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan iritasi kulit yang diakibatkan oleh penciptaan minyak kulit berlebihan.

Ruam ketiak akibat dermatitis seboroik lebih kerap terjadi pada balita yang disebut cradle cap. Keadaan ini pula umumnya timbul pada kulit kepala, kuping, serta wajah.

Intertrigo

Ruam kulit yang melanda zona lipatan badan pula lebih kerap disebut selaku dermatitis intertriginosa ataupun intertrigo.

Kendala ini kerap diakibatkan oleh ragi, jamur, ataupun kuman yang berkembang produktif. Dampaknya, sistem imun memunculkan respon berbentuk ruam serta infeksi.

Eritrasma

Peradangan kuman Corynebacterium minutissimum( C. minutissimum) pada bagian ketiak pula bisa memunculkan keadaan yang disebut eritrasma.

Indikasi dini dari penyakit ini biasanya berbentuk ruam merah serta kulit bersisik pada ketiak.

Kandidiasis

Permasalahan ruam di ketiak pula jadi tanda- tanda kandidiasis, ialah peradangan jamur yang diakibatkan oleh tipe jamur Candida semacam Candida albicans( C. albicans).

Lipatan ketiak yang lembap jadi tempat yang baik buat jamur berkembang biak.

Kurap

Kurap merupakan peradangan jamur yang menimbulkan ruam berupa cincin yang bercorak merah ataupun perak. Hingga dari itu, keadaan ini pula disebut selaku ringworm.

Peradangan jamur pula bisa menyebar serta menimbulkan kurap pada bagian badan yang lain.

Penyembuhan ruam ketiak

Dalam kebanyakan permasalahan, ruam kulit bisa menghilang dengan sendirinya seiring waktu.

Walaupun begitu, Kalian dapat mengoleskan krim topikal yang menolong menanggulangi gejala iritasi kulit, semacam gatal serta perih.

Krim hidrokortison serta losion kalamin merupakan perawatan rumahan yang efisien buat menolong kurangi ruam ketiak akibat dermatitis.

Kalian pula bisa memakai krim antijamur yang memiliki ketokonazol ataupun klortimazol buat menanggulangi ruam ketiak akibat peradangan jamur.

Tidak hanya obat yang dibalurkan ke kulit, Kalian dapat minum obat antihistamin oral buat kurangi rasa gatal serta infeksi pada kulit.

Walaupun obat- obatan tersebut dijual leluasa di apotek, ada baiknya buat konsultasi terlebih dulu kepada dokter ataupun apoteker saat sebelum memakainya.

Perawatan dengan obat- obatan yang pas dapat menolong menjauhi efek samping serta membuat Kalian sembuh lebih cepat.

Bila ruam ketiak berlangsung dalam waktu lama serta kondisinya kian parah, lebih baik lekas jalani pengecekan lebih lanjut ke klinik ataupun rumah sakit. 

Jadi setelah mengetahui alasan ruam ketiak, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!