Bagikan:

YOGYAKARTA – Penyakit scabies atau kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu. Penyakit ini bisa menyerang hewan bahkan manusia. Dampak yang ditimbulkannya biasanya berupa gatal diikuti dengan ruam merah. Di luar dari gangguan kesehatan yang ditimbulkan tahukah Anda dari mana datangnya kutu scabies.

Dari Mana Datangnya Kutu Scabies?

Dilansir dari AI Care, kutu yang menyebabkan scabies atau kudis disebut dengan atau kutu Sarcoptes scabiei var hominis. Kutu tersebut bisa hidup di kulit manusia dengan cara membuat terowongan di bawah kulit. Saat terowongan tersebut terbentuk akan muncul benjolah merah kecil. Saat itu terjadi rasanya akan sangat gatal bahkan tak tertahankan.

Harus diketahui bahwa tungau penyebab scabies berukuran sangat kecil. Saking kecilnya tungau ini tak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Biasanya scabies banyak ditemukan di lingkungan manusia yang ditinggali oleh banyak orang seperti asrama, pesantren, kost, pengungsian, dan fasilitas hunian lain. Tungau ini juga datang dan hidup di perabotan rumah seperti seprai, gorden, bantal, atau bisa pula bertahan dengan menempel di pakaian seseorang yang tertular dari orang yang terinfeksi sebelumnya.

Tungau scabies akan masuk di bawah kulit dan menyumpan telur. Ketika telur menetas akan muncul larva yang mampu naik ke permukaan kulit hingga menginveksi bagian tubuh lain atau orang lain.

Namun perlu diketahui bahwa scabies biasanya akan tinggal di area kulit yang tipis misalnya di sela jari, pergelangan tangan, lipatan ketiak, bahkan kelamin pada pria. Sedangkan di bagian kulit tebal seperti di telapak kaki atau tangan kasusnya jarangan ditemukan.

Cara Penyebaran Kutu Scabies

Inveksi kutu scabies pada manusia terjadi melalui kontak antarkulit. Biasanya ini terjadi saat penderita melakukan kontak kulit dengan orang lain. Tungau akan menyebar dari satu orang ke orang lain, baik lewat kulit langsung, pakaian, perabotan, dan sebagainya.

Beberapa kegiatan yang bisa jadi perantara tungau scabies misalnya jabat tangan, pelukan, hingga aktivitas seksual.

Gejala Scabies Pada Manusia

Dilansir dari AI Care, gejala awal scabies adalah berupa benjolan kecil seperti jerawat. Kemunculannya akan terjadi 4 sampai 6 minggu setelah pengidap mengalami gejala awal yakni ruam merah. Ruam itu akan menyebar secara pelan dalam hitungan minggu hingga bulan. Beberapa gejala scabies lain yakni sebagai berikut.

  • Muncul sensasi gatal yang hebat
  • Rasa gatal makin menjadi-jadi saat malam hari
  • Garukan di benjolan akan memicu infeksi kulit
  • Muncul ruam atau semacam garis abu-abu mirip warna kulit pengidap

Untuk mencegah inveksi kulit ini, disarankan untuk rajin mencuci pakaian mengingat tidak ada yang bisa menebak dari mana datangnya kutu scabies. Selain itu disarankan untuk menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi kudis sementara waktu. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.id.