Perlukah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai Pertama Kali?
Ilustrasi (StockSnap-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saat membeli baju baru, baik itu langsung ke toko maupun lewat online, seringkali orang tak tahan ingin segera memakainya. Saking sukanya terhadap baju yang baru dibeli, rasanya begitu tak sabar ingin menggunakannya sesegera mungkin. 

Bila Anda termasuk orang yang seperti itu, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk pakai baju baru itu. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencucinya terlebih dahulu. Toh baju itu sudah Anda beli dan bisa dipakai sepuasnya. 

Kenapa baju baru harus dicuci sebelum dipakai? Menurut Donald Belsito, profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, mengenakan pakaian baru yang tidak dicuci dapat menyebabkan iritasi kulit, kudis, kutu, atau bahkan jamur.

Perlu diingat bahwa mungkin ada orang yang mencoba baju tersebut sebelum Anda. Bisa saja orang tersebut membawa kutu dan kudis. 

Dokter kulit Lindsey Bordone dari Columbia University Medical Center, pun menyarankan agar baju baru dicuci dulu sebelum dipakai. Meskipun misalnya dibeli lewat online, saat dikirim pakaian juga mungkin disimpan dengan bahan pengawet sehingga jamur tidak akan tumbuh di atasnya selama proses pengiriman. 

Salah satu bahan kimianya adalah resin formaldehida, biasanya digunakan dalam pakaian untuk mencegah jamur dan menjaga agar pakaian tidak kusut.

Pakaian yang mengandung formaldehida pada kainnya dapat menyebabkan reaksi seperti eksim jika ditempelkan pada kulit. Bisa semakin parah bila formaldehida melebihi tingkat bahan kimia yang diizinkan. Nah, sebagian besar masalah dari bahan kimia ini bisa diselesaikan dengan mencucinya sampai bersih. 

Seperti prinsip "lebih baik mencegah daripada mengobati" Anda pun sebaiknya merelakan waktu 1-2 hari untuk mencuci baju sampai benar-benar kering untuk kemudian dipakai. Jangan lupa, saat mencucinya, bisa dipisahkan dari baju lain alias dicuci terpisah.