Benarkah Minum Tequila Bisa Menurunkan Berat Badan?
Ilsutrasi (CocktailTime-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat, mengurangi kalori harian, berhenti mengonsumsi gula, olahraga, atau menjalani puasa. 

Namun, tahukah Anda bahwa minum tequila bisa menurunkan berat badan? 

Pada penelitian dalam pertemuan American Chemical Society, mengonsumsi sedikit tequila mungkin bisa membantu menurunkan berat badan karena adanya kandungan pemanis agavin.

Dilansir The Daily Meal, tequila menjadi satu-satunya alkohol yang dapat Anda minum dalam diet keto. Minuman ini juga dikaitkan dengan manfaat seperti menurunkan kolesterol dan membantu pencernaan.

Kenapa bisa? Ini karena tequila dibuat menggunakan tanaman agave yang mengandung gula yang disebut agavin.

Gula sederhana yang digunakan pada banyak produk makanan umumnya dapat meningkatkan gula darah. Tak seperti gula pada umumnya, agavin tak dapat dicerna, yang artinya tubuh tidak benar-benar menyerapnya. 

Agavin merupakan jenis serat, ketika dikonsumsi orang bisa merasa kenyang, mengurangi nafsu makan, bahkan dapat mengontrol gula darah alami tubuh. 

Perlu diketahui bahwa agavin berbeda dengan agave nektar atau sirup agave, pemanis alami yang cukup terkenal menjadi pengganti gula.

Jadi, haruskah kita rutin minum tequila? Meski ini bukan tipe minuman sehat, tetapi tequila sendiri merupakan alkohol rendah kalori yang identik dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tequila juga mengandung probiotik dan prebiotik, bakteri baik dalam usus yang bertanggung jawab atas sebagian besar sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian, minum tequila dalam jumlah sedang dapat menurunkan risiko demensia, menenangkan saraf, hingga mendorong tidur bagi orang insomnia.

Sebelum memikirkan untuk membeli stok tequila di rumah dengan tujuan menurunkan berat badan, tahan dulu. Sebab, agavin bukan satu-satunya kandungan yang ada dalam tequila.

Pun, ingatlah bahwa kandungan alkoholnya sendiri bukanlah sesuatu yang baik untuk penurun berat badan. Sebaiknya, tetap bijak dalam mengonsumsi alkohol jangan sampai berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.