Bagaimana Olahraga Dapat Tingkatkan Sistem Imun?
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Berolahraga teratur dapat meningkatkan sistem imun agar tubuh dapat melawan infeksi virus ataupun bakteri, sebagaimana dilakukan pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Setiap pagi, mereka melakukan gerakan senam untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika imun meningkat, maka hal itu dapat membantu kesembuhan pasien COVID-19. 

Lantas, bagaimana olahraga dapat meningkatkan sistem imun? 

Terkait hal ini, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University, Daniel Landers menyampaikan, ketika seseorang berolahraga, hormon-hormon seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin yang ada di dalam tubuh akan meningkat. 

Nah, peningkatan hormon-hormon ini dapat membuat sistem imun semakin kuat, serta menjauhkan diri dari stres, memberikan perasaan gembira dan lain sebagainya. 

Senada dengan Landers, dokter kedokteran olahraga perawatan primer di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, Los Angeles, Joshua Scott juga menyampaikan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh.

“Olahraga teratur dapat meningkatkan respons kekebalan dan meningkatkan penanda kekebalan,” ujar Scott, dikutip VOI dari Reuters.  

Penanda yang ditingkatkan ini termasuk Interleukin 6, protein yang membantu tubuh merespon cedera. 

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2019 juga menemukan bahwa olahraga dengan intensitas sedang dapat membuat seseorang terhindar dari infeksi saluran penapasan atas (Ispa). 

Karenanya, melakukan olahraga secara rutin di tengah pandemi COVID-19 sangatlah penting agar tubuh dapat terhindar dari infeksi dan berbagai penyakit