Bagikan:

Kalau bicara tentang Wanita dan pria tentunya kita akan bersinggungan dengan kepercayaan dan juga informasi tentang itu. Salah satunya ialah dalam soal upaya menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan. Apa benarkah perempuan lebih susah menurunkan berat badan? Yuk kita bahas di sini!

Banyak yang percaya dalam hal menurunkan berat badan, upaya kaum pria cenderung lebih membuahkan hasil untuk memperoleh berat badan ideal. Sedangkan para wanita mesti menerima kenyataan kalau menurunkan berat badan itu butuh usaha yang lebih ekstra.

Walaupun sudah mengurangi jumlah konsumsi kalo dan melakukan banyak kegiatan fisik semacam olahraga, perempuan masih saja mengeluhkan tentang berat badan yang tidak kunjung alami pengurangan. Walaupun terdengar tidak adil serta mengecewakan untuk para perempuan, sayangnya asumsi tersebut bisa saja benar adanya.

Pasalnya banyak riset yang sudah dilakukan berkaitan dengan perihal ini. Salah satunya yaitu riset yang meminta kelompok perempuan gendut serta laki-laki gendut buat menempuh pola makan yang berbeda. Riset yang dilakukan pada tahun 2014 ini kemudian meminta para pesertanya buat mulaimengontrol pola makan serta olahraga. Sehabis 2 bulan, para laki-laki nyatanya lebih banyak alami penyusutan berat badan secara signifikan dibanding dengan perempuan.

Benarkah Perempuan Lebih Susah Menurunkan Berat Badan, Berikut Faktor yang Mempengaruhi

Lalu mengapa perihal tersebut dapat terjadi? Apa saja aspek yang menyebabkan proses penurunan berat badan pada laki-laki serta perempuan berbeda?

1. Perbedaan Hormon

Tidak hanya bentuk badan, hal-hal yang terletak di dalam badan pula jadi aspek yang bisa membedakan proses pengurangan berat badan. Salah satunya yaitu hormon. Pria serta wanita mempunyai kadar serta lapisan hormon yang sangat berbeda.

Perempuan ternyata mempunyai kandungan hormon testosteron sampai 15-20 persen lebih rendah dari yang dipunyai laki-laki. Sementara itu hormon tersebut berfungsi penting serta bisa merangsang terbentuknya pembakaran lemak serta pembuatan otot.

Di sisi lain, nyatanya badan perempuan mempunyai kandungan estrogen serta progesteron yang lebih besar dari laki-laki. Menurut penelitian dari Universitas Yale, hormon ini berkontribusi dalam tingkatkan nafsu ngemil pada seseorang.

2. Bentuk Tubuh

Satu hal yang tentu serta jelas nampak yaitu perbedaan bentuk tubuh pada perempuan serta laki-laki. Dan nyatanya kelainan ini pula mempengaruhi dalam menentukan kemampuan tubuh dalam membakar lemak. Maksudnya, ada perbedaan proses metabolisme yang berlangsung dalam badan laki-laki serta badan perempuan.

Secara fisik laki-laki biasanya mempunyai badan yang lebih besar serta lebih banyak otot. Struktur tersebut yang menjadikan metabolisme dalam badan laki-laki jadi lebih cepat. Sayangnya perempuan mesti menerima kenyataan kalau badannya tidak mempunyai keadaan yang serupa. Perihal ini menjadikan pada beberapa permasalahan perempuan wajib bekerja keras buat menurunkan berat badan sementar laki- laki cuma melakukan setengahnya buat mendapat hasil yang sama.

3. Komposisi Tubuh

Pada dasarnya, perempuan serta laki-laki mempunyai komposisi badan yang berbeda. Maksudnya zat-zat yang menyusun serta ada pada badan perempuan serta laki-laki berbeda baik jenis, wujud serta jumlahnya.

Perempuan secara natural mempunyai jumlah lemak tubuh yang lebih banyak bila dibanding dengan laki-laki. Terutama lemak yang terletak di dekat pinggul serta paha. Apalagi, lemak merupakan zat yang berfungsi penting dalam kesuburan sehingga nyaris tidak mungkin serta tidak mudah untuk perempuan buat menyingkirkannya.

Tidak hanya itu, keadaan badan pula memforsir para perempuan buat “memelihara” lebih banyak lemak di badan. Seperti saat setelah melahirkan ataupun setelah memasuki masa menopause. Umumnya perempuan bakal memperoleh lebih banyak lemak pada saat-saat seperti ini.

Tetapi perempuan tidak perlu berkecil hati. Walaupun susah tapi bukan berarti tidak ada kemungkinan sama sekali buat dapat mempertahankan berat badan ideal. Menjalankan gaya hidup serta pola makan yang sehat merupakan salah satu usaha yang dapat dicoba. Semangat ya girls!

Selain ini untuk memotivasi dan mensupport para perempuan, baca deh : “Hal yang Harus Anda Hindari saat Ingin Tambah Berat Badan”.

Jadi setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan “benarkah perempuan lebih susah menurunkan berat badan?” , simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!