Bagikan:

JAKARTA - Film Kiblat yang sempat menjadi kontroversi memiliki judul baru, Thaghut. Film yang disutradarai Bobby Prasetyo ini mengalami perombakan agar tetap ditayangkan secara teatrikal.

Para pemain ternyata mengetahui kontroversi ini dan menganggap mereka tidak berniat untuk menistakan agama seperti yang ditudingkan warganet.

Sebelumnya, warganet memberi penolakan terhadap film Kiblat dikarenakan trailer dan posternya yang dianggap menistakan agama. Posternya menampilkan seseorang yang melakukan salat secara terbalik. Kini mereka berganti nama menjadi Thaghut dengan poster yang berbeda juga.

“Kenapa kita ganti dari judul Kiblat? Seperti yang kalian tahu, sempat jadi kontroversi dan banyak yang tidak setuju padahal kita enggak ada niat menyinggung agama apapun,” cerita Yasmin Napper kepada VOI pada hari ini, Selasa, 23 Juli.

“Tapi ini diganti demi kebaikan bersama, karena takutnya itu Kiblat (menurut) netizen merasa kasar dengan poster yang mainin salat dan agama. Jadi mendingan diganti,” katanya.

Arbani menambahkan, mereka sejak awal tahu cerita Thaghut yang menjadi alasan mengapa mereka bergabung dengan produksi tersebut.

“Kurang lebih sama seperti Yasmin, cuma dari awal proses kita reading, kalau kita tahu ada hal yang menyimpang agama yang kita gak mungkin ada di sini,” kata Arbani Yasiz.

“Tapi balik lagi pendapat para netizen yang belum menonton padahal gak ada muatan sama sekali tapi ya kenapa akhirnya kita ganti karena kita terima krtiik semua dari segala aspek netizen,” lanjutnya.

“Dari awal poster begitu kita gak ada niat ke arah situ. Adegan-adegan yang (diprotes) juga kita cut dari filmnya. Dari awal sampai diubah ini jujur niatnya baik untuk meluruskan yang belok,” kata Yasmin Napper.

Thaghut menceritakan perjalanan seorang anak perempuan bernama Ainun yang mencari ayah kandung yang tidak pernah mengasuhnya. Abah Mulya, sosok yang Ainun kagumi karena memiliki berbagai kesaktian khusus dari sebuah Padepokan sakti di Kampung Bumi Suwung ternyata adalah ayah kandungnya yang selama ini disembunyikan oleh Uwak yang telah membesarkannya.

Didampingi para sahabatnya, Bagas dan Rini, Ainun datang ke Padepokan Abah Mulya untuk bertakziah. Kematian Abah Mulya yang misterius akhirnya membuat Ainun masuk dalam suatu ajaran sesat yang diberikan Lingga, murid Abah Mulya.

Film Thaghut akan tayang di bioskop Indonesia mulai 29 Agustus.