Bagikan:

YOGYAKARTA – Kutu rambut merupakan serangga parasit yang hidup, bertelur, dan berkembang biak di kulit kepala. Meski umumnya tidak berbahaya, infestasi kutu rambut dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala dan mengganggu aktivitas sehari. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari?  

Penyebab Kutu Rambut

Kutu rambut alias Pediculus humanus capitis adalah serangga parasite sebesar biji wijen yang dapat hidup selama 30 hari pada kulit kepala manusia.

Umumnya, kutu rambut akan mati dalam kurun waktu 12-24 jam usai terlepas dari rambut manusia.

Dikutip dari Ai-Care, Kutu rambut dapat merangkak, tetapi tidak bisa melompat atau terbang. Kutu rambut dapat menular lewat kontak langsung dengan kepala pendieritanya.

Pada kasus yang jarang, penyebaran kutu rambut dapat melalui penggunaan barang-barang pribadi secara bersamaan, seperti:

  • Topi dan syal
  • Sikat dan sisir
  • Aksesoris rambut
  • Headphone
  • Bantal
  • Handuk

Kutu rambut juga dapat menyebar ketika pakaian disimpan bersama-sama. Misalnya, topi atau syal yang digantung pada kait yang sama atau disimpan di loker sekolah yang sama dapat menjadi sarana penyebaran kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dalam 1 Hari

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti minyak esensial, campuran cuka dan garam, hingga minyak jelantah.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari.

1. Minyak esensial

Minyak esensial seperti tea tree oil, minyak kayu putih, minyak cengkeh, dan minyak mentol dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya di kulit kepala.

Langkah-langkah membasmi kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala, yakni:

  • Campurkan empat sendok makan minyak nabati dengan 15-20 tetes minyak esensial.
  • Oleskan campuran minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Gunakan shower cap atau penutup kepala dan diamkan selama 12-24 jam.
  • Sisir rambut menggunakan sisir serit secara merata.
  • Bersihkan kotoram rambut, kutu, dan telur yang terperangkap pada sisir serit dengan merendamnya pada wadah berisi air hangat.
  • Terakhir, bersihkan sisa minyak pada rambut dan kulit kepala menggunakan sampo.

2. Campuran cuka dan garam

Campuran cuka dan garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dari kulit kepala.

Garam dapat menarik air dari tubuh kutu rambut sehingga membuat kutu rambut kekurangan cairan dan mati secara perlahan. Sedangkan cuka dapat menghilangkan efek perekat pada telur kutu yang menempel pada rambut.

3. Campuran minyak adas dan zaitun

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak adas sangat dapat membasmi kutu rambut secara efektif. Minyak adas manis yang dioleskan ke rambut membuat kutu rambut merasa sesak sehingga mudah untuk dibersihkan menggunakan sisir.

Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa minyak zaitun efektif untuk membuat kutu rambut pingsan sehingga mudah untuk dibersihkan.

Jika Anda memiliki kedua bahan tersebut di rumah, Anda dapat mencampurkan minyak adas dan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke kelit kepala untuk melemahkan kutu, diamkan beberapa saat, lalu sisir kutu menyingkir dari rambut.

4. Minyak jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang sudah digunakan berulang kali. Kendati aromanya tengik dan berwarna gelap, minyak jelantah ternyata dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut dan telurnya secara cepat.

Kutu rambut akan mati saat terpapar minyak jelantah sehingga cenderung lebih mudah disingkirkan dengan sisir serit.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan minyak jelantah juga sangat mudah. Cukup oleskan minykak jelantah secara merata pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, lalu sisir rambut menggunakan sisir serit untuk mengeluarkan kutu rambut dan telurnya.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.