Senam Wajah untuk Meniruskan Pipi, Ikuti 7 Gerakan Ini
Ilustrasi senam wajah untuk meniruskan pipi (Unsplash/Eleanor)

Bagikan:

JAKARTA -  Pipi tembem atau chubby pada umumnya disebabkan otot yang mengendur dan tumpukan lemak. Untuk membuatnya kencang dan rahang terlihat lebih tirus, dibutuhkan gerakan atau treatment khusus. Nah, cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam wajah secara rutin.

Seberapa efektifkah senam wajah untuk mengurangi kendur dan tembem? Melansir Healthline, Selasa, 18 Mei, Dr. Jeffrey Spiegel, kepala bedah plastik dan rekonstruktif wajah di Fakultas Kedokteran Universitas Boston menerangkan bahwa senam wajah bisa membuat lebih tirus jika dilakukan rutin.

Namun, ini perlu diimbangi dengan diet untuk menjaga berat badan imbang, kecukupan nutrisi, dan hidrasi tubuh.  Karena setiap orang memiliki struktur tulang rahang yang berbeda-beda, maka ini salah satu faktor yang membuat senam wajah tidak seefektif yang dibayangkan.

Pesan Spiegel, tak ada salahnya mencoba gerakan senam wajah secara rutin. Sebab cara ini paling alami untuk mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan tanpa kekhawatiran.

Berikut, 6 gerakan senam wajah yang bisa dilakukan secara rutin.

Melafalkan huruf vokal

Ketika melafalkan huruf vokal satu per satu seperti A, I, U, E, O, maka otot wajah akan terasa mengencang. Gerakan pertama ini bisa dilakukan dengan hitungan 8 kali secara berurutan dan bisa dilakukan dengan posisi duduk maupun berdiri.

Meski mustahil mengecilkan pipi tembem dalam waktu 2 hari, tetapi apabila melakukan gerakan ini secara rutin tidak hanya mengencangkan otot pipi tetapi juga wajah terasa lebih rileks.

 

Mengangkat dagu

Gerakan senam wajah selanjutnya, ambil posisi duduk agar tubuh lebih seimbang. Lalu arahkan kepala ke belakang dan mata menatap ke atas. Dagu menunjuk ke depan, bayangkan bibir bawah menyentuh langit-langit, dan dagu bawah terasa mengencang. Gerakan ini bisa dilakukan hingga 10 detik.

Menggerakkan rahang

Gerakan ini melatih otot dan mengencangkan kulit sekitar rahang. Caranya, buka mulut selebar-lebarnya dan terasa kulit tertarik mengencang. Gerakan buka tutup mulut ini bisa dilakukan hingga 3 kali saja.

Gerakan lidah

Biasanya, ketika makan lidah memiliki peran untuk merasakan makanan dan mengarahkan. Nah, untuk mengencangkan otot wajah dan membuat semakin tirus, gerakkan lidah menjulur ke depan. Pertama mengarah ke hidung dan selanjutnya mengarah ke dagu. Setiap arah dapat dilakukan selama 10 detik.

senam wajah untuk meniruskan pipi
Ilustrasi gerakan lidah untuk meniruskan pipi (Unsplash/Paula Berto)

 

 

Wajah cemberut

Dalam kerja otot wajah, wajah cemberut berpusat pada mulut yang berkerut. Lakukan gerakan pertama mengerutkan mulut hingga maju dan pipi mengempis. Selanjutnya gerakan tersenyum atau melonggarkan kerutan mulut. Setiap gerakan bisa dilakukan selama kurang lebih 10 detik.

Puffy face

Gerakan ini seperti gerakan ikan kembung, yaitu dengan menggembungkan pipi dan mengencang ke kanan serta kiri. Karena gerakan ini butuh menahan napas, maka bisa dilakukan selama 5 detik setiap arahnya.

Tersenyum

Bukankah senam wajah dengan tersenyum adalah gerakan paling mudah dilakukan? Anda dapat melakukannya setiap waktu sebab menggerakkan otot tatkala tersenyum bisa meluruhkan lemak sekitar pipi. Jika di rumah dan tak ada alasan untuk tersenyum, lakukan gerakan ini sebanyak 2-3 kali.