5 Manfaat Yoga Wajah dan Cara Melakukannya
Ilustrasi yoga area wajah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda mendengar yoga wajah? Seperti namanya, gerakan yoga tersebut difokuskan di area wajah demi kesehatan. Lalu apa manfaat yoga wajah?

Seperti diketahui, yoga adalah olahraga yang dilakukan dengan kombinasi gerak tubuh sekaligus pikiran. Olahraga yoga dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dengan cara melakukan kegiatan fisik, melatih pernapasan, melakukan relaksasi, hingga meditasi.

Manfaat Yoga Wajah

Dalam perkembangannya, yoga memiliki banyak gerakan yang fokus pada bagian tertentu saja salah satunya bagian wajah.

Dikutip dari AI Care, yoga wajah adalah gerakan olahraga yang berupa menggerakkan otot di area wajah. Secara umum gerakan yoga jenis itu dilakukan agar peredaran darah di area wajah serta mengencangkan otot yang kendur. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari yoga wajah adalah sebagai berikut.

  1. Mengencangkan Wajah

Dalam situs Everyday Health, dikatakan bahwa terdapat penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Dermatology. Di dalamnya menyebutkan bahwa pelaku senam wajah dengan durasi 30 menit tiap hari selama 8 minggu, kemudian dilanjutkan dengan 12 minggu setelahnya akan berdampak pada pengencangkan otot pipi. Efek yang akan didapatkan adalah wajah yang terlihat nampak muda.

Serupa, pakar yoga, Parmita Katkar, dilansir Mind Body Green menjelaskan bahwa berlatih yoga secara rutin dengan benar memang mampu mengencangkan kulit wajah.

  1. Pelepasan Stres

Secara umum yoga memang menurunkan tingkat stres. Hal ini juga yang akan didapatkan oleh seseorang yang melakukan yoga wajah. Terlebih saat stres terjadi kekakuan otot di area kepala. Untuk mengendurkannya, yoga wajah bisa jadi jalan keluar.

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Penuaan tak bisa dihindari, namun yoga wajah dapat memperlambatnya. Seperti diketahui, penuaan terjadi karena banyak faktor salah satunya adalah terhambatnya di otak. Yoga wajah membantu oksigen sampai ke otak sehingga penuaan dini bisa dihambat.

  1. Wajah Lebih Rileks

Rileksasi di wajah bisa dicapai dengan yoga wajah. Relaksasi wajah sangat diperlukan terutama oleh pekerja yang mengharuskan mereka tersenyum seharian.

  1. Meniruskan Wajah

Yoga wajah juga membantu meniruskan pipi karena terjadi pembakaran lemak di area pipi dan sekitarnya dengan syarat yoga wajah dilakukan secara benar dan teratur.

Cara Melakukan Yoga Wajah

Olahraga yoga wajah banyak disukai karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu gerakannya juga mudah serta tak membutuhkan alat tambahan. Beberapa gerakan yoga wajah yang bisa dicoba adalah sebagai berikut.

  1. The Cheek Lifter

Cara melakukan The Cheek Lifter adalah dengan membuka mulut menyerupai huruf O. Setelah itu letakkan jari telunjuk di pipi lalu dorong otot pipi ke arah atas sampai dekat ke mata, kemudian turunkan. Gerakan ini direpetisi sebanyak 10 kali. Di gerakan hitungan terakhir, tahan otot pipi selama 20 detik.

  1. Happy Cheeks Sculpting

Cara yoga wajah ini adalah dengan senyum selebar-lebarnya namun tak menampakkan gigi. Lalu taruh dua jari telunjuk di ujung bibir lalu tarik otot wajah ke arah atas sampai tulang pipi. Tahan gerakan ini sampai 20 detik.

  1. The Eyebrow Lifter

Caranya adalah dengan meletakkan jari telunjuk, tengah, dan manis di bawah alis, lalu dorong ke atas hingga mata terbuka dengan posisi bibir tersenyum. Lalu tutup mata dan gerakkan bola mata dengan gerakan berputar.

Itulah informasi terkait manfaat yoga wajah. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.