Lama Melihat Layar Bikin Mata Lelah dan Perih? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi mata melihat layar (Unsplash/Lukáš Gejdoš

Bagikan:

JAKARTA – Melihat layar komputer, laptop maupun smartphone dalam jangka waktu yang lama seringkali membuat mata terasa lelah dan perih. Kondisi tersebut perlu segera diatasi sebelum bahu, leher tegang dan sakit kepala dialami.

Untuk mengatasi mata lelah dan perih, bisa dengan beberapa cara. Antara lain dengan yoga mata dan mengistirahatkan sejenak. Melansir dari Siloam Hospitals, ikuti solusi mata lelah dan perih di bawah ini.

  •          Mengistirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit. Saat mengistirahatkan mata, pandang kea rah yang jauh dan memakai pola 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit mengistirahatkan mata agar segar kembali.
  •           Mengompres dengan air hangat atau memakai obat tetes mata.
  •           Atur cahaya ruangan, hindari terlalu gelap dan terlalu terang.
  •           Hindari melihat layar dalam ruangan cahaya gelap.
  •           Mengatur posisi duduk dalam jarak 50 hingga 60 sentimeter dengan layar komputer, laptop maupun televisi.

Di samping cara sederhana di atas, untuk mengatasi mata lelah dan perih bisa dengan yoga mata.

Yoga seperti yang kita tahu bermanfaat bagi kesehatan. Sedangkan yoga mata, dikutip dari Kompas memang tidak membantu sepenuhnya bagi setiap orang. Tetapi, tak sedikit pula yang mempraktikkannya rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

Cara yoga mata, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Peregangan singkat untuk merilekskan otot-otot wajah. Gerakkan rahang  dan alis serta menutup mata. Ketika mata tertutup, arahkan pupil ke atas dalam empat hitungan. Lanjutkan mengarahkan pupil ke bawah dalam hitungan yang sama. Langkah ini dapat diulangi sebanyak tiga kali.
  2. Penguatan otot sekitar mata dengan berkedip, sepuluh kali berkedip cepat dan lima kali berkedip dalam hitungan lambat. Langkah ini bisa diulangi sebanyak lima kali.
  3. Untuk membuat mata lebih fokus, duduklah di kursi dengan menghadap lurus ke depan. Pastikan posisi duduk nyaman dengan punggung lurus. Acungkan ibu jari ke depan wajah, setinggi mata. Arahkan pandangan mata ke arah ibu jari, gerakkan mendekat sebanyak empat hitungan dan menjauhi hidung dengan hitungan yang sama. Langkah ini bisa dilakukan sebanyak lima kali ibu jari mendekat dan menjauh.

Melakukan yoga mata hanya menghabiskan waktu kurang dari sepuluh menit. Ketika melakukannya, bisa diikuti dengan meditasi singkat agar pikiran lebih tenang.

Mau coba cara di atas? Lakukan secara rutin jika sudah mulai merasakan mata lelah dan perih.