Jangan Tunggu Sampai Perih, Begini 5 Cara Alami Melembapkan Mata Kering
Ilustrasi cara alami melembapkan mata kering (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mata kering atau dry eye, tidak membuat nyaman beraktivitas. Pasalnya, mata akan terasa perih, terlihat merah, dan sensasinya seolah ada pasir yang tersangkut. Kondisi mata kering ini, disebabkan kelenjar kecil di dalam dan sekitar kelopak mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga kelembapan serta penglihatan jernih.

Air mata sebagai pelembap alamiah, tugasnya bisa membantu mata berfungsi dengan baik dan menjaga permukaan mata tetap halus, nyaman, dan terhidrasi. Selain itu, air mata juga berperan membersihkan debu dan kotoran serta melindungi mata dari infeksi. Saat mata terasa kering sekali, jangan sampai menunggu terasa perih untuk mengobatinya. Lakukan cara melembapkan mata kering berikut di bawah ini.

1. Kompres hangat

Air mata terbuat dari minyak, air, dan lendir. Mata membutuhkan ketiga bahan tersebut agar tetap lembap dan sehat. Kelopak mata yang meradang dan terkelupas, dapat menyumbat kelenjar pembuat minyak sepanjang tepi kelopak mata. Ini menyebabkan mata kering, namun bisa diatasi sementara waktu dengan cara sederhana.

cara alami melembapkan mata kering
Ilustrasi cara alami melembapkan mata kering (Freepik/cookie_studio)

Untuk melonggarkan minyak yang tersumbat dan meringankan iritasi, Anda bisa mengompres dengan kain lap hangat. Sebelum dikompreskan, pastikan lap bersih dan diperas setelah dicelupkan air hangat. Anda bisa mengompresnya selama satu menit. Saat mengompres, tekan perlahan tepi kelopak mata dengan jari. Cara ini membantu mengeluarkan minyak yang tersumbat.

2. Berkedip lebih sering

Menatap komputer membatasi jumlah kedipan per menit. Artinya, saat Anda bekerja di depan komputer, perlu lebih sering berkedip untuk menjaga kelembapan mata serta mencegah mata kering. Anjurannya, tutup mata setiap 20 menit selama 20 detik.  Trik sederhana ini, selain menjaga mata tetap lembap juga perlu diikuti pengaturan letak layar komputer. Baiknya, atur layar di bawah ketinggian mata sehingga tidak membuat Anda perlu membuka mata lebar-lebar.

3. Makan ikan yang mengandung omega-3

Salmon dan tuna misalnya, bisa juga sarden, trout, mackerel yang mengandung asam lemak omega-3. Makanan ini, dilansir WebMD, Rabu, 20 September, lemak sehat dalam ikan membantu kelenjar pembuat minyak di mata bekerja lebih baik. Ini juga mencegah bahkan meredakan iritasi jika Anda mengalaminya.

cara alami melembapkan mata kering
Ilustrasi cara alami melembapkan mata kering (Freepik)

4. Tetap terhidrasi cukup

Setiap bagian tubuh membutuhkan air agar tetap bisa bekerja normal. Minum air, juga menjaga kelembapan mata. Namun, jangan tunggu sampai haus baru Anda minum air. Sebaiknya, usahakan minum 8-10 gelas sepanjang hari. Jika Anda tidak menyukai air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti mentimun dan semangka.

5. Atur kelembapan ruangan

Mengatur kelembapan ruangan bisa dengan menambah humidifier atau filter. Bisa juga meletakkan panci berisi air di dekat pemanas atau radiator. Filter yang bisa digunakan berupa penyaring debu atau partikel lainnya yang bisa membantu mencegah mata kering.

Itulah yang bisa dilakukan sebagai cara melembapkan mata kering. Penting diketahui, mengenakan obat tetes mata yang dijual bebas berfungsi sama seperti air mata. Lebih baik, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mata supaya mendapatkan rekomendasi obat yang tanpa pengawet serta berbahan aman dalam mengatasi mata kering.