Bagikan:

YOGYAKARTA – Jarak menonton TV yang normal perlu diketahui, sebab duduk terlalu dekat dengan televisi tidak baik untuk kesehatan mata.

Beberapa tahun belakangan, jarak menonton TV yang aman menjadi topik yang paling sering dibahas, sebab ada peringatan dari komunitas medis tentang bahaya radiasi televisi.

Kendati kekhawatiran tentang bahaya radiasi televisi saat ini bisa diredam dengan penemuan TV LCD dan plasma, layar datar modern yang tidak memancarkan radiasi, beberapa orang masih khawatir bahwa penglihatan mereka akan terganggu ketika menonton televisi dalam jarak yang begitu dekat. Pasalnya, menonton TV dalam jarak yang terlalu dekat bisa membuat mata cepat lelah.

Lantas, berapa jarak nonton tv yang ideal? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Jarak Menonton TV yang Normal

Dikutip VOI dari Verywell Health, Jumat 30 Desember 2022, pakar kesehatan mata menyarankan duduk sekitar 8 hingga 10 kaki (sekitar 2,5 meter hingga 3 meter) dari layar TV. Atau setidaknya lima kali jarak dari layar, jika televisi Anda berlayar lebar.

Misalnya, jika lebar televisi Anda 32 inci, maka jarak pandang optimal adalah 160 inci atau sekitar 13 kaki (4 meter).

Akan tetapi, mayoritas dokter mata sepakat bahwa jarak terbaik menonton TV adalah jarak yang paling membuat Anda nyaman. Selama Anda dapat melihat layar dengan jelas tanpa merasa tidak nyaman, jaraknya mungkin benar.

Selain jarak pandang, posisi televisi juga penting untuk mencegah ketegangan mata. Supaya mata Anda tidak lelah, cobalah untuk menempatkannya setinggi mata atau lebih rendah. Terus-menerus melihat ke atas pada akhirnya akan menyebabkan otot-otot mata ini menjadi lelah.

American Optometric Association mengkampanyekan aturan 20-20-20. Mereka menyarankan agar Anda beristirahat selama 20 detik setiap 20 menit untuk melihat objek jauh yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meter). Jadi, misalnya, jika Anda menonton film atau acara TV favorit di laptop, istirahatlah secara teratur untuk menghindari ketegangan mata.

Solusi lainnya, jika Anda menatap layar dalam waktu yang lama, alihkan fokus Anda dari dekat ke jauh. Misalnya, jika Anda biasanya berada 10 kaki dari layar, menjauhlah setidaknya 20 kaki.

Perhitungan Jarak Menonton TV yang Normal

ilustrasi menonton televisi
Ilustrasi menonton televisi (mojzagrebinfo/Pixabay)

Kendati ada cara menghitung jarak menonton TV yang normal, yakni dengan mengali lima ukuran layar televisi, Anda bisa menonton dengan jarak yang lebih dekat jika memiliki televisi dengan layar berkualitas tinggi.

Detail layar TV resolusi 4K (high resolution) dan bahkan layar TV HD biasa memungkinkan jarak menonton yang lebih dekat daripada layar televisi standar. Pikselnya lebih kecil dengan jenis televisi ini, sehingga memudahkan mata untuk melihat dari dekat.

Untuk televisi dengan resolusi 4K, jarak pandang yang disarankan adalah satu setengah kali ukuran layar.

Sementara untuk TV HD, jarak yang disarankan adalah tiga kali ukuran layar TV.

Berikut jarak menonton TV yang normal sesuai dengan ukurannya.

TV 4K Ultra HD:

  • Ukuran 43 inci: 90 sentimeter
  • Ukuran 55 inci: 1 meter
  • Ukuran 65 inci: 1,2 meter
  • Ukuran 75 inci: 1,4 meter
  • Ukuran 85 inci: 1,6 meter

TV HD:

  • Ukuran 32 inci: 1,2 meter
  • Ukuran 40 inci: 1,5 meter
  • Ukuran 43 inci: 1,7 meter
  • Ukuran 50 inci: 1,9 meter
  • Ukuran 60 inci: 2,3 meter

Demikian informasi seputar jarak menonton TV yang normal. Semoga bermanfaat!