Kaleidoskop 2022, 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Tahun
FIlm KKN di Desa Penari: (MD Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Industri perfilman Indonesia berada dalam kondisi terburuknya ketika pandemi Covid di tahun 2020 terjadi. Hal tersebut menyebabkan banyak bioskop sebagai tempat penayangan film harus ditutup.

Namun, pada tahun 2022 industri perfilman Indonesia kembali bergairah. Banyak dari film Indonesia yang dihadiri lebih dari 1 juta oenonton.

KKN di Desa Penari menjadi yang paling unggul. Diadaptasi dari thread akun SimpleMan di Twitter, film tersebut ditonton oleh 9,2 juta orang, yang menjadikannya sebagai film Indonesia dengan penonton terbanyak sepanjang masa.

Berikut daftar film Indonesia yang terbanyak ditonton pada tahun 2022:

KKN di Desa Penari

Diadaptasi dari thread Twitter yang dibuat akun SimpleMan pada tahun 2019, KKN di Desa Penari yang tayang perdana pada 30 April 2022 berhasil meraup 9,2 juta penonton.

Capaian tersebut membuat film yang disutradarai Awi Suryadi itu berhasil memegang rekor sebagai film Indonesia dengan penonton terbanyak sepqnjang masa.

Pada 29 Desember, versi extended dibuat dengan judul KKN di Desa Penari Luwih Dowo Luwih Medeni. Film ini berdurasi 40 lebih lama dari versi awal yang sudah tayang.

Pengabdi Setan 2: Communion

Film yang ditulis dan disutradarai Joko Anwar yang tayang di bioskop Indonesia pada 4 Agustus 2022 ini ditonton oleh 6,3 juta penonton. Pengabdi Setan 2: Communion juga tayang di 2 negara lain, Malaysia dan Singapura.

Diperankan oleh Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz dan Bront Palarae, film ini berhasil memenangkan berbagai penghargaan di ajang Festival Film Indonesia (FFI) dan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI)

Pada ajang FFWI 2022, Endy Arfian meraih penghargaan dalam kategori Aktor Utama Terbaik-Genre Horor. Sementara Joko Anwar meraih 2 lenghargaan lewat kategori Sutradara Terbaik-Genre Horor dan Penulis Skenario Terbaik-Genre Horor.

Miracle in Cell No.7

Film yang dibintangi Vino G Bastian dan Graciella Abigail sebagai ayah dan anak ini berada di tempqt ketiga dengan 5,8 juta penonton. Miracle in Cell No.7 ini didasarkan pada film Korea Selatan dengan judul sama yang tayang pada 2013 lalu.

Vino G Bastian yang berperan sebagai Dodo Rozak yang memiliki kelainan mental berhasil mendapat penghargaan pada Festival Film Indonesia (FFI) dan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) lewat aktingnya dalam film ini.

Di Korea Selatan sendiri, Miracle in Cell No.7 versi asli sangatlah populer dan berhasil memenangi berbagai penghargaan di ajang besar seperti Baeksang Arts Awards dan Blue Dragon Film Awards.

Sutradara dan produser dari versi asli, Lee Hwan Kyung dan Kim Min Ki yang ikut menonton Miracle in Cell No.7 versi Indonesia turut memuji film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo tersebut.

Ngeri-ngeri Sedap

Film karya penulis skenario sekaligus sutradara Bene Dion Rajagukguk yang dipersembahkan untuk suku Batak ini berada di tempat keempat dengan 2,8 juta penonton.

Ngeri-ngeri Sedap yang tayang di bioskop pada 2 Juni 2022 berhasil menampilkan nilai-nilai kelokalan dan isu yang ada pada masyarakat suku Batak pada umumnya.

Film ini juga terpilih mewakili Indonesia untuk diajukan sebagai nominasi dalam kategori Best International Feature Film pada Academy Awards 2023. Namun, gagal menjadi nominasi setelah dinyatakan tidak memenuhi kriteria oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences.

Ivanna

Film Ivanna merupakan sempalan dari film Danur 2: Maddah yang merupakan bagian dari semesta Danur. Film bergenre horor yang disutradarai Kimo Stamboel itu ditonton oleh 2,7 juta orang.

Tayang pada 14 Juli 2022, Ivanna dibintangi oleh Caitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Tanta Ginting, Shandy William, Sonia Alyssa dan banyak aktor lainnya.

Sayap Sayap Patah

Film yang tayang pada 18 Agustus ini ditonton oleh 2,4 juta orang. Dibintangi Nicholas Saputra dan Ariel Tatum, Sayap Sayap Patah berlatar peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob pada tahun 2018.

Pada acara nonton bareng pada 25 Agustus kemarin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir untuk ikut menyaksikan penayangan film tersebut.

Mencuri Raden Saleh

Film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini ditonton oleh 2,3 juta orang. Selain tayang di Indonesia, Mencuri Raden Saleh juga tayang di Malaysia dan terpilih sebagai film yang ditampilkan dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Pada penyelenggaraan Festival Film Indonesia 2022, Mencuri Raden Saleh memenangkan 2 dari 10 kategori yang ada. Film ini terpilih sebagai Film Terfavorit Pilihan Penonton dan Aghniny Haque sebagai salah satu pemeran memenangi Aktris Terfavorit Pilihan Penonton.

Kukira Kau Rumah

Film drama yang tayang di bioskop pada 3 Februari 2022 ini ditonton oleh 2,2 juta orang. Kukira Kau Rumah juga diputar di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Kukira Kau Rumah menjadi debut bagi sutradara muda Umay Shahab. Film ini menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai film dengan penonton terbanyak di masa pandemi.

The Doll 3

Film yang disutradarai Rocky Soraya ini tayang pada 26 Mei 2022 dan ditonton oleh 1,7 juta orang. Selain Indonesia, The Doll 3 juga tayang di 5 negara lain, yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja dan Timor Leste.

Dibintangi Jessica Mila dan Winky Wiryawan sebagai pemeran utama, film ini merupakan seri terakhir dari film The Doll yang diproduksi Hitmaker Studios

Qodrat

Qodrat merupakan film bergenre horor religi yang diperankan oleh Vino G Bastian dan Marsha Timothy yang notabene adalah sepasang suami istri.

Dirilis pada 27 Oktober 2022, film ini ditonton oleh 1,7 juta orang. Akting Vino G Bastian sebagai Ustaz Qodrat mendapat pujian dari banyak penonton dan menjadi pembicaraan warganet.