Kaleidoskop 2021: 6 Film Indonesia Terlaris Sepanjang 2021
Losmen Bu Broto

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2021, bioskop di Indonesia kembali dibuka dengan leluasa. Penonton pun bisa kembali mengobati kerinduan pada beragam genre film Indonesia.

Walaupun ada sejumlah pembatasan karena pandemi COVID-19 belum usai, ternyata banyak film Indonesia yang dapat menggaet puluhan hingga ratusan ribu penonton untuk kembali ke bioskop sepanjang tahun ini.

Dikutip dari FilmIndonesia.or.id, Berikut 6 film Indonesia yang tayang dan laris ditonton oleh masyarakat di layar lebar pada saat pandemi sepanjang tahun 2021.

1. Nussa
Nussa, film animasi ini meraup 445.777 penonton. Film yang diproduksi oleh The Little Giantz dan Visinema Pictures ini diadaptasi dari serial animasi pemenang kategori Film Animasi Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2019 yang berjudul sama.

Film ini ditayangkan secara perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) di Korea Selatan pada 8-18 Juli 2021, lalu ditayangkan di bioskop seluruh Indonesia pada 14 Oktober 2021. Nussa meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 untuk kategori Film Animasi Terbaik.

2. Yowis Ben Finale

Yowis Ben Finale merangkum 277.077 penonton sampai akhir tahun 2021. Penutup waralaba film yang disutradarai Fajar Nugros bersama Bayu Skak ini rilis di bioskop pada 25 November 2021, dan dilanjutkan satu bulan setelahnya.

Dibintangi oleh Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim dan Tutus Thomson ini menceritakan petualangan para anggota Yowis Ben yang akan memutuskan apakah band ini akan terus berlanjut.

3. Tarian Lengger Maut

Film Tarian Lengger Maut mendapat 222.062 penonton. Film horor pun tak lepas dari perhatian pecinta film Tanah Air. Tarian Lengger Maut adalah sebuah film thriller horor Indonesia tahun 2021 mengusung tema budaya tari Lengger yang berasal dari Banyumas.

Film ini disutradarai oleh Yongki Ongestu dan diproduksi oleh Visinema Pictures dan Aenigma Picture. Film ini juga dibintangi oleh Della Dartyan dan Refal Hady. Meski tidak terlalu gencar dipromosikan, film ini mendapatkan sambutan hangat dari para penonton di masa pandemi.

4. Kuyang The Movie
Masih dari genre film horor, Kuyang The Movie mendapat 126.108 penonton. Kuyang The Movie menceritakan kisah arwah perempuan berupa kepala manusia dengan isi tubuh menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang mencari darah bayi atau darah perempuan yang telah melahirkan.

Film ini mengangkat kisah mister Adi (Arie Dwi Andika) dan istrinya, Reni (Zora Vidyanata), yang hamil tujuh bulan, pindah ke sebuah desa di Kalimantan. Sebulan kemudian hal-hal aneh mulai terjadi. Pasangan tersebut didatangi arwah Kuyang yang menyamar menjadi dokter kandungan bernama Mayang.

5. Losmen Bu Broto

Bertema keluarga yang hangat, film Losmen Bu Broto mendapat 120.413 penonton. Film ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono serta diproduseri oleh Andi Boediman.

Diadaptasi dari sinetron lawas, Losmen, film ini dibintangi oleh Mathias Muchus sebagai Pak Broto dan Maudy Koesnaedi sebagai Bu Broto. Film ini juga dibintangi oleh Maudy Ayunda, Putri Marino, Baskara Mahendra, Danilla Riyadi, dan Marthino Lio.

6. Yuni
Sarat akan prestasi, film Yuni meraih 112.498 penonton sepanjang penayangannya. film ini telah mencatatkan prestasi di gelaran festival film dunia yang lain.

Film Yuni tayang perdana dan berkompetisi di ajang Festival Film Internasional Toronto 2021. Yuni menyabet Piala Citra untuk Pemeran Wanita Utama Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 melalui lakon dari Arawinda Kirana, yang merupakan debut layar lebarnya.

Terbaru, Arawinda Kirana pada Senin, 13 Desember waktu setempat mendapatkan penghargaan Silver Yusr Award kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival (RSIFF) 2021 di Arab Saudi berkat perannya di film Yuni.