Artikel Kaleidoskop 2022 Menurut Pantauan Netray: Kasus Ferdy Sambo Jadi Isu Populer di Kategori Hukum
Pemberitaan soal Ferdy Sambo, menurut pantauan Netray menjadi topik paling banyak diangkat media selama 2022. (VOI/Irfan Meidianto)

Bagikan:

JAKARTA – Kasus Ferdy Sambo terus menjadi sorotan masyarakat. Banyak yang penasaran terkait akhir cerita tersebut. Pertanyaan yang lazimnya muncul adalah terkait hukuman yang akan diberikan hakim. Apakah hakim memvonis hukuman mati kepada terdakwa Ferdy Sambo karena telah melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat? Atau hanya terkena pasal pembunuhan biasa?

Pertanyaan lain tentunya juga terkait pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo. Banyak yang meragukan pernyataan terdakwa Putri di persidangan bahwa Yosua telah melecehkannya. Apakah berani ajudan masuk ke kamar pribadi dan melecehkan istri atasannya?

Media massa daring selalu memberikan informasi terbaru terkait perkembangan pengungkapan perkara tersebut. Seperti hasil laporan Netray pada 3 Januari 2023, “Kasus Ferdy Sambo menjadi kasus hukum yang paling sering diberitakan sepanjang 2022, selain kasus investasi bodong yang menjerat selebgram Indra Kenz dan Doni Salmanan.”

Kasus Ferdy Sambo memang memberi tamparan keras bagi citra kepolisian di Indonesia. Belum lagi, merebaknya isu-isu negatif mulai dari konsorsium judi hingga hedonisme para petinggi Polri seiring proses pengungkapan kasus. Puluhan anggota Polri harus menjalani sidang kode etik. Beberapa di antaranya mendapat sanksi, bahkan hingga diberhentikan secara tidak hormat.

Dua terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi saat menjalani sidang di PN Jakarta Selatan. (Antara/Galih Pradipta)

Netray menemukan 221 artikel kaleidoskop yang melihat kilas balik isu dan kasus hukum sepanjang tahun 2022. Sebagian besar artikel kaleidoskop tentang hukum memiliki tendensi negatif. Dari sekian ratus artikel dari media massa, terpantau sebanyak 192 artikel ditulis dengan kecenderungan sentimen negatif. Hanya 15 artikel yang memiliki sentimen positif,” tulis Netray.

Dengan menggunakan kata kunci ‘kaleidoskop’, pada periode 1-30 Desember 2022, Netray juga menemukan 172 artikel kaleidoskop di kategori hiburanDidominasi sentimen positif sebanyak 69 artikel dan hanya 36 artikel yang bersentimen negatif.

“Intensitas penerbitan artikel kaleidoskop untuk kategori hiburan terpantau cukup acak. Meskipun sebagian besar diterbitkan di akhir bulan. Pada tanggal 20 Desember 2022 sempat terjadi lonjakan kuantitas hingga mencapai 18 artikel. Akan tetapi, beberapa hari kemudian intensitas ini sempat mereda. Media massa daring kembali mengunggah artikel secara masif pada tanggal 28 Desember 2022 dan memuncak pada tanggal 29 Desember 2022,” tulis Netray dalam laporannya.

Berita tentang pernikahan pasangan selebritis menjadi kilas balik yang paling banyak disorot. Setidaknya, terdapat sejumlah pesohor yang menikah pada tahun ini. Mulai dari Maudy Ayunda-Jesse Choi yang menikah pada Mei, Deddy Corbuzier-Sabrina Chairunnisa pada Juni, dan pernikahan putra bungsu presiden, Kaesang Pangarep-Erina Gudono pada pengujung tahun.

Hasil pantauan Netray terhadap artikel yang menggunakan kata kunci ‘kaleidoskop’ pada periode 1-30 Desember 2022. (Tangkapan layar Netray)

Sedangkan di kategori pemerintahan, Netray menemukan 114 artikel dan di kategori politik 38 artikel selama periode pemantauan tersebut.

“Isu perang Rusia Ukraina tampaknya menjadi wacana yang cukup mendominasi pada kategori ini. Meskipun isu ini tidak terjadi di wilayah Indonesia, dampak dari perang tersebut bisa berpengaruh secara global. Wacana lain yang cukup masif dalam kategori ini adalah saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali,” kata Netray.

Begitupula di kategori ekonomi (finance and insurance). Selain karena perang Rusia Ukraina, menguatnya nilai tukar dolar terhadap sejumlah mata uang dunia ternyata memberi gambaran yang suram terhadap perekonomian sejumlah negara. Meskipun begitu, Indonesia ternyata dianggap cukup bisa bertahan sehingga kaleidoskop tahun ini banyak yang bernada positif.

Terdapat 112 artikel, 62 di antaranya bersentimen positif dan 20 artikel lainnya mengandung sentimen negatif. Sebagian besar artikel dengan sentimen positif dapat ditemukan pada 26, 27, dan 29 Desember yang kebetulan juga menjadi puncak dari intensitas pemberitaan.

Kategori Olahraga dan Bencana

Pemberitaan kaleidoskop di kategori olahraga lebih variatif. Mengangkat tema kejuaraan balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tragedi Stadion Kanjuruhan, hingga Piala Dunia 2022 Qatar.

Dunia olahraga dalam negeri sempat berbangga kala Indonesia sukses menyelenggarakan kejuaraan balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB. Kategori Sport meraup setidaknya 102 artikel kaleidoskop karena cukup banyak peristiwa penting pada dunia olahraga sepanjang tahun 2022.

Netray melaporkan, “Terdapat 43 artikel yang memiliki sentimen positif bersumber dari peristiwa dan prestasi. Tragedi tewasnya ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan mau tak mau memberi sentimen negatif sebanyak 20 artikel dalam pemantauan kaleidoskop peristiwa olahraga pada periode tersebut.”

Juga, kaleidoskop tentang bencana. Netray menemukan 53 artikel kaleidoskop yang mengulas bencana yang terjadi sepanjang 2022. Antara lain soal gempa bumi Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 dan banjir yang melanda sejumlah daerah, Jakarta, Semarang, Majalengka, dan Sumatra Utara.

Hasil pantauan Netray di kategori hiburan. (Tangkapan layar Netray)

Sentimen negatif terpantau lebih banyak digunakan media untuk membingkai peristiwa bencana alam di Indonesia pada tahun ini. Setidaknya, terdapat 29 artikel dan 10 artikel dengan sentimen positif.

Secara keseluruhan, Netray menemukan 1.033 artikel dengan kata kunci kaleidoskop yang terbit di 93 portal media massa daring. Intensitas pemberitaan terpantau merangkak naik pada akhir bulan. Kuantitas melonjak drastis pada 26 Desember dan memuncak pada 28 Desember.

“Tren sentimen menunjukkan artikel kaleidoskop pada 2022 terpantau cukup berimbang dengan jumlah sentimen positif sedikit lebih unggul,” tulis Netray menandaskan.