Bagaimana Produser Nirvana Menggunakan The Beatles Sebagai Umpan untuk Kurt Cobain
The Beatles (Instagram @thebeatles)

Bagikan:

JAKARTA - Produser Nirvana, Butch Vig mengingat kembali momen ketika dia menggunakan The Beatles sebagai umpan untuk membujuk Kurt Cobain agar mengerjakan materi mentah album terobosan Nevermind yang tidak disukai sang frontman.

Dalam wawancara dengan Consequence baru-baru ini, Vig mengatakan dia pertama kali mendengar demo kasar dari lagu Smells Like Teen Spirit ketika Cobain mengiriminya kaset yang direkam dalam boombox.

Meskipun "terdengar seperti sampah", dia tahu bahwa Cobain bersama Krist Novoselic dan Dave Grohl bermain sangat ketat.

Vig berkata, Nirvana "berarti bisnis" ketika mereka tiba di studio untuk mengerjakan album Nevermind, tetapi Cobain agak keberatan menggarapnya secara serius.

"Saya bilang kepada Kurt, 'Ayo overdub itu dengan suara terpisah,' dan awalnya dia benar-benar siap untuk itu," kenang sang produser, mengutip Ultimate Classic Rock.

"Tapi kemudian, segera setelah kamu mulai melakukannya, dia akan menjadi sedikit marah: 'Saya tidak ingin melakukannya lagi.' Saya terus berkata, 'kamu tahu, ingat kami mencoba membuat ini terdengar lebih keren daripada hidup, bung."

Vig mengungkap lagu pertama yang mereka dapatkan ketika dirinya ingin Cobain melakukan overdub vokal tambahan, sang frontman hanya berkata, 'Saya benar-benar tidak merasa harus melakukan itu, rasanya palsu.'"

Saat itulah Vig memanfaatkan fakta bahwa Cobain adalah penggemar berat The Beatles. Dan meskipun dia mengagumi estetika John Lennon, dia sangat mengagumi penulisan lagu melodi Paul McCartney dan kepekaan melodinya.

Sang produser mengakui bahwa dia menyimpan informasi itu sebagai poin referensi dan membawanya selama sesi rekaman tersebut.

“Saya terus berkata, 'The Beatles menggandakan (merekam dua kali) semua vokal mereka. Dengarkan John Lennon. Dengarkan Paul McCartney. Semua vokal memiliki jalur ganda.’ Dan dia duduk diam di sana selama sekitar lima detik, lalu dia berkata, ‘Oke.’”

Vig menyebut, Cobain sangat berhati-hati saat sesi rekaman karena sang vokalis dan gitaris itu ingin mempertahankan keaslian punknya setelah menandatangani kontrak dengan Geffen Records.

“Rekamannya sangat sederhana. Pada dasarnya mereka memainkan lagunya, dengan beberapa overdub dan beberapa harmoni dan vokal. … Saya benar-benar lebih berkonsentrasi pada penampilan dan sound dari semua yang direkam. Dan itu benar-benar suara Nevermind,” Vig menggarisbawahi sesi rekaman lagu hit Smells Like Teen Spirit.