Bagikan:

YOGYAKARTA – Melakukan olahraga renang di malam hari ternyata dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Saat ini, ada banyak kolam renang yang buka hingga malam hari sehingga Anda yang tidak memiliki waktu luang di pagi atau siang hari bisa menjadwalkan berenang pada malam hari untuk mendapatkan manfaat-manfaat baiknya. Lantas, apa saja manfaat berenang di malam hari?

Manfaat Berenang di Malam Hari

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu 18 November 2023, berikut beberapa manfaat berenang di malam hari yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Melakukan olahraga renang setelah matahari terbenam ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur.

Berenang di malam hari memang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih lelah. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan rasa lelah itu untuk mendapatkan tidur yang lelap sampai pada pagi hari.

Kendati belum ada riset yang membuktikannya, olahraga renang mungkin dapat membantu Anda mengatasi insomnia.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat berenang di malam hari yang berikutnya adalah menyehatkan jantung. Olahraga renang dapat meningkatkan detak jantung.

Berdasarkan penelitan yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology, jumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru saat berenang lebih baik ketimbang pernapasan rileks saat lari.

2. Melatih fleksibilitas

Berenang di malam hari dapat dijadikan sebagai alternatif latihan fleksibilitas. Hal ini karena renang melibatkan gerakan seluruh tubuh.

Dengan berenang, otot-otot tubuh akan mengalami peregangan selama latihan berlangsung. Manfaat ini ternyata dapat menurunkan risiko cedera tubuh.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat berenang di malam hari ternyata juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Ketika berenang, kalori, lemak, dan gula yang ada di dalam tubuh akan diolah menjadi energi. Artinya, melakukan olahraga ini di malam hari dapat melepaskan banyak kalori.

Berenang selama 30 menit dapat membakar 900 kalori. Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan di Indiana University, renang membuat tubuh tetap bugar di usia senja dan memperpanjang harapan hidup.

  1. Terhindar dari paparan sinar UV

Salah satu alasan mengapa sebagian orang memilih berenang setelah mata hari terbenam adalah supaya tidak terpapar sinar matahari.

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat berdampak terhadap kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), empat dari lima kasus kanker kulit disebabkan karena kerusakan UV yang sebenarnya bisa dihindari. Oleh sebab itu, memilih waktu di malam hari untuk berenang dapat mengurangi paparan sinar matahari yang mungkin sudah cukup ketika Anda beraktivitas di luar ruangan pada saat siang hari.

  1. Cegah penumpukan lemak

Proses pembakaran kalori di dalam tubuh akan berjalan lebih efektif ketika Anda melakukan olahraga dengan tempo yang cepat dan jarak yang jauh. Nah, olahraga renang memenuhi kedua syarat tersebut.

Berenang menggunakan gaya bebas berpotensi membakar kalori lebih banyak, sebab tubuh bergerak lebih cepat dan dapat menempuh jarak yang jauh.

Kendati tidak membakar seluruh kalori, melakukan olahraga ini di malam hari cukup efektif mengurangi penumpukan lemak akibat kebiasaan menyantap makanan setelah matahari terbenam.

Demikian informasi tentang manfaat berenang di malam hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.