Bagikan:

JAKARTA - Kunyit memberikan banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Bumbu dapur satu ini dapat dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan tubuh. Mengonsumsi segelas air kunyit dalam satu hari dapat mencegah masalah kulit dan kesehatan lainnya.

Meskipun banyak yang tidak terlalu suka air kunyit karena rasa pahitnya dan baunya menyengat, jangan biarkan hal itu menghalangi Anda. Minum air kunyit memiliki manfaat luar biasa jika dikonsumsi pagi hari.

Minuman ini dapat menjadi solusi untuk banyak masalah seperti kekebalan tubuh yang buruk dan kulit berjerawat. Berikut 7 manfaat luar biasa konsumsi air kunyit, seperti dilansir dari laman Economic Times.

1. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Kunyit memiliki senyawa bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan alami yang dapat melindungi sistem tubuh dari peradangan kronis. Peradangan sering kali menjadi penyebab di balik banyak penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker, masalah jantung, dan lain sebagainya.

2. Melindungi dari Penuaan Cepat

Stres oksidatif sering kali menyebabkan kulit menua dengan cepat, rambut rontok, dan lain-lain. Radikal berinteraksi dengan asam lemak atau DNA untuk menyebabkan kerutan dan membuat kita lebih rentan terhadap serangan jantung. Kurkumin telah dikenal dapat menetralkan radikal bebas.

3. Basmi jerawat dan memperbaiki warna kulit

Karena kunyit memiliki sifat antibakteri, kunyit dapat bekerja dengan sangat baik untuk kulit yang rentan berjerawat serta memperbaiki warna kulit tidak merata.

4. Melindungi Jantung

Jantung yang sehat adalah kunci umur panjang. Kunyit adalah sumber antioksidan yang membantu mengencerkan darah, mencegah penyempitan arteri, dan mengurangi kolesterol.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat antikanker. Konsumsi rempah-rempah ini secara teratur dapat memperlambat sel kanker berkembang biak dan menyebar.

6. Atasi Penyakit Usus

Kurkumin bersifat antiradang. Kurkumin dapat menjadi penawar yang ampuh untuk beberapa penyakit usus seperti sindrom radang usus (IBS). Kurkumin juga dapat membantu pencernaan dan menjaga pergerakan usus tetap teratur.

7. Meningkatkan Kesehatan Kognitif

Beberapa peneliti menunjukkan konsumsi kunyit setiap hari dapat mencegah terjadinya masalah kognitif seperti Penyakit Alzheimer. Sifat antibakteri dan antiradang rempah ini mencegah kerusakan sel dan penumpukan endapan amiloid yang memperburuk fungsi kognitif.

Apabila Anda tak bisa menahan rasa tak enak dari air kunyit di pagi hari, Anda bisa tambahkan jahe dan madu.