Bagikan:

YOGYAKARTA - Tak cuman menjadi bumbu masak yang cukup popular dikalangan ibu-ibu, namun kunyit juga menjadi salah satu bahan herbal yang kerap dipakai sebagai jamu karena bermanfaat bagi Kesehatan kita. Namun, apakah boleh konsumsi kunyit setiap hari? Oleh karenanya, kita bakal membahasnya di sini!

Sebagian manfaat kunyit buat badan yaitu dipercaya kurangi nyeri, tingkatkan fungsi hati, kurangi resiko kanker, melindungi kesehatan saluran cerna, sampai kurangi bermacam gejala peradangan. Bila kalian merasa sudah mengkonsumsi banyak kunyit serta merasakan efek dibawah ini, kalian dapat langsung Tanya Dokter buat penindakan lebih lanjut.

Ilustrasi Kunyit (Gambar hopkinsmedicine.org)
Ilustrasi Kunyit (Gambar hopkinsmedicine.org)

Apakah Boleh Konsumsi Kunyit Setiap Hari?

Tetapi, di balik bermacam khasiat sehat kunyit, terdapat beberapa efek samping kunyit yang perlu kalian tahu apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut beberapa bahaya kunyit yang dikonsumsi berlebihan:

I. Tingkatkan Produksi Asam Lambung

Tidak hanya menghambat zat besi, efek samping kunyit pula bisa merangsang peningkatan produksi asam lambung. Keadaan ini dapat menimbulkan indikasi kambuh pada pengidap mag serta GERD.

II. Picu Kontraksi Kehamilan

Bila lagi berbadan dua, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi seluruh jenis herbal, termasuk kunyit. Pastikan herbal tersebut tidak memunculkan resiko kehamilan.

Mengkonsumsi kunyit buat ibu berbadan dua tanpa pengawasan dokter dapat beresiko, sebab bisa merangsang kontraksi sehingga tingkatkan resiko kontraksi prematur.

III. Ruam Kulit

Bersumber pada riset dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, salah satu efek samping kunyit yang bisa terjadi ialah ruam kemerahan pada kulit.

Walaupun langka, namun efek samping kunyit tersebut sempat dilaporkan sehabis mengkonsumsi lebih dari 8.000 miligram curcumin.

IV. Sakit Kepala

Dalam dosis yang sesuai, curcumin pada kunyit disebut-sebut bisa menolong meredakan sakit kepala. Akan tetapi, apabila dosis curcumin kelewat batasan alias terlalu banyak, kalian malah dapat alami sakit kepala.

Walaupun terkesan sepele, sakit kepala dapat mengganggu aktivitas tiap hari. Apalagi, sakit kepala yang terjadi berkepanjangan bisa menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

V. Mual serta Muntah

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, curcumin di dalam kunyit yang dikonsumsi pada dosis yang pas bisa menolong kurangi mual serta muntah.

Kebalikannya, keburukan minum air kunyit tiap hari bisa membuat kalian mual kemudian muntah akibat jumlah curcumin terlalu banyak di dalam badan.

Jangan sepelekan efek samping minum air kunyit tersebut. Apabila terjadi berkelanjutan, mual serta muntah bisa menimbulkan kehilangan cairan tubuh. Dalam kasus berat ataupun tidak teratasi, dehidrasi bisa menyebabkan penurunan kesadaran sampai kematian.

VI. Diare

Jangan berpikir buat mengkonsumsi kunyit dalam porsi berlebih buat menanggulangi diare. Bukannya sembuh, mengkonsumsi kunyit terlalu banyak malah dapat membuat keluhan semakin parah.

Diare pula berhubungan erat dengan kehilangan cairan badan alias dehidrasi. Bila tidak lekas ditangani, salah satu resiko yang mungkin dihadapi yaitu kematian.

VII. Reaksi Alergi

Untuk beberapa orang yang sensitif, paparan kunyit ataupun curcumin bisa menimbulkan reaksi alergi. Keluhan ini apalagi bisa timbul walaupun cuma terpapar dalam jumlah sedikit.

Alergi kunyit dapat menimbulkan muntah-muntah, lidah serta bibir kebas ataupun bengkak, kram perut, serta buang air besar berdarah.

VIII. Batu Ginjal

Keburukan minum air kunyit tiap hari yang juga dapat terjadi yaitu penyakit batu ginjal. Tidak hanya curcumin, kunyit pula memiliki oksalat. Mengkonsumsi oksalat berlebih bisa menimbulkan pembentukan batu di saluran kencing. Keadaan ini diketahui dengan sebutan batu ginjal.

Tanda-tanda batu ginjal misalnya nyeri punggung dasar yang tidak kunjung hilang, mual, gelisah, sakit perut bagian samping, serta nyeri buang air kecil.

IX. Hipoglikemia

Efek kunyit untuk kesehatan yakni menurunkan kandungan gula darah di dalam badan. Perihal ini terjadi sebab isi curcumin pada kunyit. Untuk orang dengan permasalahan gula darah tinggi, fungsi kunyit ini dapat berguna.

Tetapi, bila dikonsumsi kelewatan, efek samping kunyit yaitu tingkatkan resiko hipoglikemia ataupun kandungan gula darah di bawah normal. Keadaan ini dapat merangsang bermacam indikasi merugikan.

X. Kurang Zat Besi

Bahaya kunyit nyatanya bisa mengusik proses penyerapan zat besi oleh badan. Maka itu, jauhi mengkonsumsi kunyit terlalu banyak sebab bisa tingkatkan resiko anemia akibat minimnya zat besi di dalam darah.

Ngomongin soal kunyit kalian juga perlu tahu “Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Kunyit” agar terhindar dari efek samping yang merugikan.

Jadi setelah mengetahui apakah boleh konsumsi kunyit setiap hari, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!