Rekomendasi Jamu Pelancar Haid, Membantu Atasi Nyeri dan Kram
Ilustrasi jamu pelancar haid (Unsplash/Kunci Osha)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wanita yang haid atau menstruasi akan mengalami beberapa rasa tidak nyaman pada tubuh. Beberapa keluhan yang muncul, seperti kram, darah tidak lancar, hingga dismenore. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar haid. Salah satunya dengan mengonsumsi jamu. 

Jamu pelancar haid dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah datang bulan. Jamu tersebut terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memperhatikan resep dan efek sampingnya. 

Jamu Pelancar Haid

Ada beberapa jamu yang memiliki khasiat dapat melancarkan haid. Berikut rekomendasi jamu pelancar haid yang bisa dikonsumsi oleh para perempuan.

Kayu Manis

Kayu manis memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat meredakan nyeri saat haid. Penelitian dari Iranian Red Crescent Medical Journal menyebutkan bahwa mengonsumsi kayu manis saat haid dapat mengurangi rasa sakit, mengatasi pendarahan haid, hingga mencegah mual dan muntah. 

Penelitian tersebut mengatakan kayu manis bersifat aman dan efektif dalam mengatasi dismenore pada wanita muda. Saat mengonsumsi kayu manis, jumlah darah yang keluar tidak terlalu banyak. 

Membuat Jamu Pelancar Haid dari Kayu Manis

Anda bisa membuat sendiri jamu kayu manis yang berkhasiat memperlancar haid. Berikut langkah-langkahnya.. 

  • Siapkan satu sendok teh bubuk kayu manis.
  • Siapkan segelar air hangat. 
  • Tuang bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat. 
  • Jamu kayu manis dapat dikonsumsi 2-3 kali sehari, menyesuaikan tingkat nyeri haid. 

Jahe

Jamu pelancar haid juga bisa dibuat dari bahan jahe. Jahe menjadi obat tradisional yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu khasiat jahe adalah membantu mengurangi rasa kram perut saat haid. 

Jahe memiliki kandungan yang dapat melawan peradagang atau inflamasi. Selain mengurangi rasa kram, jahe juga berperan mengurangi rasa mual saat haid. 

Membuat Jamu Pelancar Haid dari Jahe

Berikut langkah-langkah meracik jamu dari jahe untuk melancarkan haid:

  • Siapkan beberapa rimpang jahe segar, lalu kupas.
  • Rebus jahe dalam air secukupnya sampai mendidih.
  • Dapat dicampur dengan buah asam kawak supaya semakin berkhasiat.
  • Dapat juga dicampur gula aren atau gula jawa agar rasa manisnya bertambah. 

Kunyit

Empon-empon lain yang dapat digunakan sebagai jamu pelancar haid adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan yang dapat merangsang atau meningkatkan aliran darah haid. Selain itu, kunyit juga bermanfaat mengendurkan otot dan mencegah kontraksi rahim yang menimbulkan rasa nyeri. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit membantu proses pengobatan non-steroidal anti-infammatory (NSAID) seperti asam mefenamat (Ponstel). Kandungan dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan kram. 

Membuat Jamu Pelancar Haid dari Kunyit

Jamu dari kunyit untuk melancarkan haid dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh biji pala, setengah genggam daun sri gading. 
  • Campur dan haluskan semua bahan tersebut. 
  • Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai mendidih. Hasil rebusan kemudian disaring.
  • Jamu dari kunyit dapat diminum 1 gelas per hari. 

Daun Pepaya

Jamu pelancar haid juga bisa dibuat dari daun pepaya. Sebuah penelitian dari Belitung Nursing Journal menyebutkan ekstrak daun pepaya dapat menurunkan tingkat keparahan nyeri haid dan hormon prostaglandin pada dismenore primer. 

Membuat Jamu Pelancar Haid dari Daun Pepaya

Berikut langkah-langkah membuat jamu dari daun pepaya untuk melancarkan haid:

  • Rebus beberapa lembar daun pepaya dalam air secukupnya. 
  • Tambahkan sedikit garam dan asam jawa untuk menguatkan rasa jamu dan mengurangi rasa pahit. 
  • Rebus jamu sampai mendidih.
  • Konsumsi jamu daun pepaya dapat dilakukan satu gelas per hari selama haid.

Cuka Sari Apel

Bahan lain yang dapat diolah menjadi jamu pelancar haid adalah cuka sari apel. Bahan ini dapat menginduksi haid pada wanita. Kandungan dalam cuka sari apel berperan mengurangi radang atau inflamasi saat haid. Selain itu, konsumsi bahan ini juga dapat membuat siklus haid menjadi teratur bagi pengidap polycystic ovary syndrome (PCOS).

Cuka sari apel dapat diminum langsung oleh wanita untuk melancarkan haid. Jika rasanya terlalu tajam atau pekat, dapat ditambah dengan air agar lebih encer. Dapat juga ditambahkan satu sendok makan madu supaya lebih manis. 

Itulah beberapa rekomendasi jamu pelancar hadi bagi wanita. Jamu-jamu tersebut mudah dicari bahkan bisa dibuat sendiri di rumah sesuai resep dan kebutuhan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.