8 Makanan untuk Meredakan Kram Perut dan Nyeri saat Menstruasi
makanan untuk meredakan kram perut (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kram perut biasanya dialami oleh wanita yang sedang menstruasi. Namun tak jarang juga kram perut dialami oleh orang-orang karena masalah kesehatan. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya mengonsumsi makanan untuk meredakan kram perut. 

Saat mengalami kram perut, tentunya Anda merasakan sakit di area perut dan tidak  bisa beraktivitas dengan nyaman seperti normalnya. Perlu Anda tahu, ada beberapa jenis makanan yang dapat meringankan kondisi kram perut. Lantas apa saja makanan untuk meredakan kram perut yang bisa Anda konsumsi?

Makanan untuk Meredakan Kram Perut

Para pakar kesehatan menyarankan sejumlah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid atau penderita kram perut. Berikut ini beberapa asupan bernutrisi yang dapat membantu meredakan kram perut:

Sayuran Hijau

Salah satu asupan yang dapat mengatasi nyeri dan kram perut adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan arugula mengandung magnesium sebagai zat alami untuk merilekskan otot. 

Saat dikonsumsi, magnesium bekerja dengan cara mengendurkan otot polos pada rahim dan mengurangi tingkat inflamasi prostaglandin. Selain itu, beberapa jenis sayuran seperti bayam dan sawi juga baik dikonsumsi bagi wanita menstruasi. Sayuran tersebut dapat mengembalikan zat besi yang banyak terkuras saat haid. 

Yogurt

Penderita nyeri dan kram perut juga disarankan untuk mengonsumsi yogurt. Meski sebagian banyak produk susu cenderung memperburuk nyeri perut, tetapi satu porsi yoghurt justru memberi efek sebaliknya. Tapi pastikan yogurt yang dipilih terdapat label active cultures di kemasannya. 

Kandungan tersebut akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Jadi dengan mengonsumsinya, maka dapat membantu mengatasi permasalahan di pencernaan dan meredakan rasa kembung.

Jahe

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe berfungsi sebagai agen anti-mual dan berperan meningkatkan kesehatan pencernaan. Rempah-rempah yang satu ini bisa jadi alternatif asupan untuk meredakan rasa kram dan nyeri di perut. Apabila Anda ingin mengkonsumsi jahe, batasan yang disarankan adalah 4 gram jahe setiap hari.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari, biji rami, dan biji chia, mengandung magnesium. Kandungan ini berperan mengurangi kontraksi otot penyebab kram perut. Selain itu, kenari juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu meredakan rasa sakit atau nyeri saat menstruasi. 

Pisang

Buah pisang juga menjadi makanan yang dapat membantu mengatasi kram perut. Buah ini mudah dicerna dan biasanya tidak menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Pisang memiliki kandungan pektin yang membantu melancarkan buang air besar secara alami.

Ikan Salmon

Ikan salmon dan tuna adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kram dan nyeri perut. Biasanya, ikan dengan kulit gelap memiliki tingkat protein yang tinggi. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3 yang berperan mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. 

Pepaya

Pepaya juga jadi buah yang baik sebagai asupan penderita kram dan nyeri perut. Buah ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan sembelit. Enzim papain dan chymopapain yang tersimpan dalam pepaya berfungsi memecah protein dan menenangkan perut.

Alpukat

Alpukat dapat membantu mengatasi gejala kembung dan kram otot, yang seringkali terjadi selama PMS. Buah ini mengandung potasium sebagai mineral yang berperan sebagai diuretik alami. 

Kandungan tersebut membantu mengeluarkan kelebihan natrium dan cairan dari tubuh. Potasium juga membantu mencegah kram otot dan memberikan perasaan kenyang. Supaya lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk jus buah atau salad. 

Demikianlah beberapa makanan untuk meredakan kram perut yang bisa dikonsumsi oleh wanita haid atau orang yang mengalami permasalahan di perut. Makanan-makanan di atas mudah Anda dapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.