Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyebab sering kram perut sebelah kiri biasanya terjadi karena sakit sembelit, flu perut, dan maag. Walaupun begitu, keadaan ini tidak boleh dispelekan, karena kram perut juga bisa sebagai indikasi adanya kondisi medis yang lebih serius, seperti radang usus buntu.

Biasanya, karena otot di dinding saluran pencernaan atau otot perut menegang dan menimbulkan rasa sakit sehingga mengakibatkan kram perut sebelah kiri. Umumnya kram perut ini memang tak berbahaya dan bisa mereda setelah satu sampai dua harian.

Tapi, untuk kram perut yang setelah 3 hari dilakukan penanganan sederhana tak kunjung membaik, sebaiknya memperoleh pemeriksaan dari dokter karena bisa saja jadi indikasi penyakit serius.

Penyebab Sering Kram Perut Sebelah Kiri

Berikut ini merupakan beberapa keadaan yang dapat jadi pemicu kram pada perut sebelah kiri:

I. Flu Perut

Gastroenteritis ataupun flu perut ialah keadaan infeksi yang terjadi pada saluran perncernaan. Walaupun indikasi utamanya merupakan diare serta muntah, pengidapnya pula merasakan kram perut, baik di sebelah kiri, kanan, ataupun keduanya.

Flu perut sesungguhnya tidak membutuhkan perawatan spesial sebab bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi, buat mencegah kodisi kian memburuk, Kalian disarankan memperbanyak minum air putih serta makan makanan bertekstur lembut, semacam bubur ataupun sup.

II. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu terjadi pada saat usus buntu alami infeksi yang umumnya diakibatkan oleh peradangan bakteri. Keadaan ini memunculkan rasa nyeri pada perut yang umumnya dimulai dari kanan bawah. Saat kondisinya memburuk, rasa nyeri ataupun kram di perut dapat menyebar ke area sebelah kiri.

Apabila usus buntu disertai ciri infeksi bakteri, dokter hendak memberikan obat antibiotik. Bila timbul ciri komplikasi, semacam muntah terus-menerus, demam tinggi, serta tidak dapat buang air besar, dokter bakal lekas melaksanakan operasi usus buntu.

III. Diare

Salah satu pemicu kram perut sebelah kiri paling universal yakni diare. Keadaan ini umumnya terjadi akibat peradangan bakteri ataupun virus pada usus besar yang berasal dari santapan yang terkontaminasi. Tidak hanya kram perut, diare pula bisa diiringi indikasi lain, semacam demam, sakit kepala, dan mual serta muntah.

Buat menanggulangi kram perut sebelah kiri yang diakibatkan diare, Kalian bisa mengkonsumsi masakan lunak supaya lebih gampang di cerna. Tidak hanya itu, pastikan pula konsumsi cairan tercukupi buat mencegah kehilangan cairan tubuh.

IV. Batu Ginjal

Kram perut sebelah kiri pula dapat jadi ciri kalau Kalian alami batu ginjal, khususnya di saluran kemih sebelah kiri. Rasa kram yang mencuat umumnya terjadi saat batu membatasi saluran kemih serta mengiritasi dindingnya.

Oleh sebab itu, apabila Kalian alami perih parah di perut sebelah kiri sampai punggung ataupun pangkal paha, terlebih disertai buang air kecil berdarah ataupun berpasir, segeralah konsultasikan ke dokter buat memperoleh penanganan yang pas.

Apabila kram perut kiri diakibatkan oleh batu ginjal, dokter bakal memberikan obat pereda nyeri terlebih dahulu. Dokter pula bisa jadi menganjurkan beberapa perawatan kedokteran buat mengecilkan ataupun meluruhkan batu ginjal, semacam extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

V. Konstipasi

Konstipasi ataupun sembelit pula dapat menimbulkan kram perut sebelah kiri. Konstipasi membuat pengidapnya alami keluhan sulit buang air besar, sebab pergerakan usus buat menghasilkan feses tidak maksimal ataupun feses sangat kering sehingga susah dikeluarkan.

Buat menanggulangi keadaan ini, Kalian disarankan buat minum banyak air putih serta makan makanan tinggi serat, semacam sayur-mayur serta buah-buahan.

VI. Divertikulitis

Pemicu kram perut sebelah kiri berikutnya yaitu divertikulitis, yakni infeksi pada kantung di selama saluran pencernaan, khususnya usus besar. Keadaan ini bisa terjadi pada saat feses ataupun sisa makanan menutup bukaan kantung.

Tidak hanya kram pada perut, divertikulitis pula bisa memunculkan indikasi lain, semacam perut kembung, mual serta muntah, dan tinja berdarah serta berlendir.

Metode buat menanggulangi divertikulitis perlu disesuaikan dengan seberapa parah keadaan penderita. Dokter mungkin bakal menganjurkan penderita buat melaksanakan diet rendah serat ataupun memberikan beberapa obat-obatan, semacam paracetamol. Dokter pula bisa memberikan antibiotik apabila divertikulitis diiringi ciri infeksi bakteri.

Tidak hanya beberapa keadaan di atas, kram perut sebelah kiri pula rentan dirasakan perempuan serta bisa diakibatkan oleh haid, kista ovarium yang terpuntir, endometriosis, apalagi kehamilan di luar rahim ataupun kehamilan ektopik.

Kram perut sebelah kiri biasanya bisa mereda sendiri, namun periksakan diri ke dokter apabila kram perut yang dirasakan tidak kunjung mereda, kian memburuk, ataupun diiringi indikasi lain, semacam muntah berulang, demam, buang air besar ataupun buang air kecil selalu berdarah, serta keluar banyak darah di luar periode haid.

Selain itu baca juga: “8 Makanan untuk Meredakan Kram Perut dan Nyeri saat Menstruasi”.

Jadi setelah mengetahui penyebab sering kram perut sebelah kiri, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!