7 Makanan yang Bermanfaat Meredakan Nyeri Secara Alami
Ilustrasi makanan pereda nyeri secara alami (Freepik/Diana.grystku)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan yang dikonsumsi besar pengaruhnya pada tubuh. Termasuk bertujuan untuk kesehatan atau menyembuhkan rasa sakit secara alami, bisa dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut, makanan yang bisa meredakan rasa nyeri secara alami.

1. Jahe

Rasa nyeri umum dirasakan ketika terjadi inflamasi. Selain juga karena luka tertentu, rasa nyeri bisa disembuhkan secara alami asalhkan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Salah satu bahan alami yang bisa meredakan nyeri, misalnya nyeri menstruasi, adalah jahe. Sebuah studi menemukan, kapsul jahe bekerja lebih baik sebagai obat anti-inflamasi seperti ibuprofen. Untuk menyerap manfaatnya, Anda bisa membuat teh jahe yang diminum hangat-hangat.

2. Blueberry

Buah berukuran kecil yang sarat akan fitonutrien ini, mampu membantu melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Jika tidak musim blueberry, Anda bisa menikmati buah beku meski sebenarnya secara nutrisi lebih baik dimakan dalam kondisi segar. Buah ini juga memiliki efek menenangkan, sebagai antioksidan, dan kaya polifenol setara dengan strawberry.

makanan pereda nyeri secara alami
Ilustrasi makanan pereda nyeri secara alami (Freepik/4045)

3. Ikan salmon

Sarat dengan asam lemak omega-3 yang berperan sebagai anti-inflamasi, salmon layak dimasukkan dalam makanan terbaik dalam menu harian Anda. Ikan ini dianggap menyehatkan jantung dan dapat meredakan nyeri sendi jika Anda menderita rheumatoid arthritis. Varietas ikan yang bermanfaat lainnya, termasuk tuna, sarden, dan mackerel, juga merupakan pilihan yang baik. Namun, hindari nila dan lele karena kadar asam lemak omega-6 mereka yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan peradangan.

4. Cabai

Zat yang menyebabkan cabai terasa panas dan pedas disebut capsaicin. Zat ini terkenal sebagai penghilang rasa sakit. Penelitian lebih merekomendasikan untuk makan cabai alih-alih mengoleskannya pada luka yang  meradang.

5. Daun mint

Minyak peppermint meredakan kram, masuk angin, dan kembung yang menyakitkan. Dengan mengoleskan pada perut, minyak dari ekstrak daun mint ini dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Teh peppermint juga dapat sebagai penenang yang baik untuk sakit perut sesekali.

makanan pereda nyeri secara alami
Ilustrasi makanan pereda nyeri secara alami (Freepik/jcomp)

6. Minyak zaitun

Merasakan perih dan pedas di belakang tenggorokan Anda? Itu senyawa yang disebut oleocanthal yang bisa diredakan dengan pereda nyeri semacam ibuprofen.  Tetapi, minyak zaitun extra-virgin juga memiliki lubricin, yang membuat persendian meluncur mulus dan melindungi tulang rawan agar tidak rusak. Ini mungkin membantu orang dengan osteoarthritis.

7. Buah ceri

Dalam sebuah penelitian dilansir WebMD, Jumat, 27 Januari, pelari yang minum jus ceri asam mulai 7 hari sebelum perlombaan dan pada hari perlombaan mengalami nyeri otot yang jauh lebih sedikit daripada kelompok yang meminum minuman dengan rasa serupa tanpa jus buah ceri alami. Ini karena buah ceri bisa sebagai antioksidan yang mengandung senyawa anti-inflamasi.

Itulah ketujuh makanan yang bermanfaat meredakan nyeri. Apabila Anda harus minum obat dengan kandungan tertentu, agar tetap sinkron dengan menu makanan sehat Anda, maka disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli nutrisi.