Sudah Diet tapi Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang, Mengapa?
Ilustrasi Lemak Perut (Kittisak Jirasittichai/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa orang memiliki masalah dengan lemak yang menumpuk di perut, lengan, serta paha. Rasanya, semua usaha sudah dilakukan mulai dari diet hingga olahraga, tapi kenapa penumpukan lemak di area tersebut masih tak kunjung pergi?

Sebenarnya, dari tiga area tersebut, lemak perut yang paling susah dihilangkan. Meski diet ketat serta olahraga teratur telah dijalani, tetap saja lemak perut butuh waktu yang lebih lama untuk diluruhkan.

Melansir Daily Mail UK, Senin, 8 Maret, para ilmuwan juga setuju kalau lemak yang ada di bagian perut merupakan lemak yang paling sulit dibakar. Sedangkan, lemak di bagian tubuh yang lain lebih mudah dibakar sebab digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk metabolisme.

Program diet intermittent fasting tidak disarankan para ahli jika Anda berniat menghilangkan lemak perut. Ahli menyarankan diet defisit kalori akan lebih efektif untuk menyusutkan lemak perut.

Asupan kalori yang berlebih akan sangat berpengaruh terhadap jumlah lemak dalam tubuh. Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak, maka kemungkinan besar penumpukan kalori pun bisa terjadi. Sayangnya, penumpukan tersebut cepat atau lambat akan menciptakan perubahan pada usus.

"Sementara kebanyakan orang akan berpikir bahwa semua jaringan lemak sama, pada kenyataannya, lokasi itu sangat besar perbedaannya," kata Dr. Mark Larance.

Metode intermittent fasting memang mengubah cadangan lemak dalam tubuh menjadi molekul asam lemak yang digunakan sebagai bahan bakar utama. Tetapi hasil analisis membuktikan kalau hal ini efektif pada lemak di bagian tubuh lain sedangkan lemak perut tidak mengalami transisi apapun.

"Ini menunjukkan lemak visceral dapat beradaptasi dengan pertarungan intermittent fasting berulang dan menjaga cadangannya," kata Dr. Larance.

Tipe adaptasi lemak seperti inilah yang membuat pembakaran lemak perut sangat sulit. Bahkan dengan diet atau puasa sekalipun masih belum bisa membakar penumpukannya.

Untuk itu, jika Anda betul-betul ingin mengurangi lemak perut, alangkah baiknya untuk merubah pola makan dengan mengurangi asupan kalori harian Anda. Untuk melengkapi hal ini, alangkah baiknya jika Anda pun mencoba untuk rutin melakukan berbagai olahraga untuk mengecilkan perut, seperti jogging, berenang, crunches, dan plank.