5 Makanan Bersodium Tinggi yang Memicu Penyakit Hipertensi
Ilustrasi Makanan Tinggi Sodium (Ella Olsson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Selain gula, ternyata kandungan sodium atau garam yang tinggi bisa meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit, seperti serangan jantung, ginjal, dan stroke.

Dalam aturan, orang dewasa setidaknya cukup mengonsumsi sodium sebanyak 2000 mg dalam sehari. Sedangkan seseorang dengan riwayat tekanan darah tinggi harus membatasi asupan sodium sampai 1500 mg per hari.

Bahkan, ketika Anda mengonsumsi makanan yang diduga sehat sekalipun penting untuk memerhatikan kandungan sodium dalam makanan tersebut karena ada beberapa makanan yang tampaknya sehat dan bersih ternyata memiliki tingkat sodium yang lebih tinggi. Berikut di antaranya:

Roti Gandum

Roti berlabel 100 persen gandum utuh ini memiliki serat tinggi yang mampu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Sayangnya, banyak produsen roti yang menambahkan garam ke dalam resep mereka, sehingga mengurangi manfaat dari roti itu sendiri.

Dalam Sehelai roti gandum mengandung 260-400 mg sodium. Rata-rata orang per hari memakan roti adalah 1-2 tangkup (2-4 helai roti), jika berlebihan, tingkat sodium pada tubuh Anda akan bertambah.

Saus Tomat

Penasaran kenapa Anda selalu haus setelah memakan pizza atau french fries yang luar biasa nikmatnya itu? Selain karena keju yang jelas tinggi kandungan sodiumnya, sahabat pizza dan fries lain yang mesti diwaspadai adalah saus tomat. Sebotol saus tomat mengandung 400-700 mg sodium. Perhatikan jumlah kandungan sodium pada label botol. Untuk amannya, Anda bisa meracik saus tomat di dapur sendiri.

Sereal

Semangkuk sereal dengan susu rendah lemak ditambah buah beri adalah sarapan diet yang ideal untuk memulai hari. Di sisi lain, jika Anda tidak berhati-hati, menu ini bisa jadi menambah kadar sodium dalam tubuh Anda. Banyak orang mengecek label pada kemasan sereal untuk melihat kandungan kalori, serat, dan gula, namun jarang melihat kandungan sodiumnya.

Dengan rentang sekitar 170-280 mg per porsi, nutrisi ini tidak boleh diabaikan. Pilihlah sereal dengan kandungan sodium rendah. Menu alternatif sarapan yang aman dari sodium adalah plain oatmeal.

Selai Kacang

Kelezatan selai kacang memang sulit ditolak. Bahan utama untuk membuat selai kacang tentu saja kacang itu sendiri. Kacang, memiliki kandungan sodium yang tinggi. Bahan lain yang ditambahkan pada selai kacang adalah gula, minyak sawit, dan tentu saja banyak garam untuk meningkatkan rasa.

Jika setiap dua sendok makan selai kacang mengandung 125 mg sodium, bisa dibayangkan betapa tingginya kadar sodium pada tubuh Anda yang senang ‘menggado’ selai kacang di waktu luang.

Salad Dressing

Anda pasti tidak akan pernah merasa bersalah setiap kali habis menyantap salad. Terang saja, bahan-bahan hijau seperti sayuran dan buah di dalamnya memang menyehatkan. Namun, waspadai bumbu kuah (dressing) yang dituangkan ke mangkuk Anda. Kandungan sodium pada dressing sangat tinggi (230-550 mg per porsi) dan bisa memicu dan menyabotase Anda untuk makan lebih banyak lagi.