3 Cara Simpan Keripik agar Tak Melempem dan Camilan Tetap Renyah
Ilustrasi keripik kentang bertabur basil (Unsplash/wander fleur)

Bagikan:

JAKARTA – Membeli keripik dalam jumlah banyak atau memilih kemasan besar seringkali tak habis dan berujung melempem. Biar tidak boros karena membuang makanan, ada cara menyimpan jenis makanan renyah. Mau tahu caranya? Simak berikut di bawah.

Melipat kemasan dengan benar

Setelah dimakan setengah, kemasan keripik masih ada sisa tempat. Jika tak dilipat dengan tepat, udara yang masuk ke dalam kemasan yang tidak tertutup rapat bisa membuat camilan keripik Anda melempem.

Oleh sebab itu, kemasan perlu dilipat dengan cara keluarkan dahulu seluruh udara di dalam sisa kemasan tadi. Lantas, gulung rapat-rapat dan pastikan udara tidak bisa masuk melalui sela-sela kemasan. Terakhir jepit atau ikat dengan karet lalu simpan di lemari atau laci di dapur.

Selain menyimpan dalam kemasan bawaan camilan, Anda juga bisa memindahkannya dalam toples. Yang pasti hindari udara dapat masuk dalam kemasan toples.

Menyimpan dalam freezer

Jangan khawatir membeku, sebab kandungan air dalam keripik sudah diminimalisir dalam proses pembuatannya. Mungkin teksturnya akan lebih renyah dan lebih terasa dingin.

Cara menyimpan keripik agar tidak melempem yang kedua ini tetap membutuhkan kemasan. Artinya Anda tak perlu mengeluarkan keripik dari kemasan bawaannya. Lalu gulung dengan rapi, ikat dengan karet dan masukkan freezer.

Beberapa jenis makanan, seperti kerupuk, juga dapat lebih terasa renyah jika disimpan di kulkas. Namun, pastikan udara tak masuk dan kerupuk atau keripik tetap kering di dalam kemasan.

Jika sudah melempem?

Tenang, ada cara aman dilakukan untuk membuat keripik yang sudah melempem jadi renyah kembali. Sebelum melakukan cara ini, pastikan keripik tak kadaluarsa dan tak bau tengik ya.

Anda bisa membuat keripik renyah kembali dengan memanaskan di oven. Caranya, hangatkan dulu oven agar nantinya keripik tidak gosong. Sebisa mungkin, pastikan suhu oven tidak terlalu panas atau tidak melebihi 100 derajat Celcius.

Kemudian, panaskan keripik didalamnya setelah dimasukkan dalam wadah tahan panas. Pemanasan dapat dilakukan maksimal selama 10 menit lalu angkat dan biarkan dingin. Cek tingkat kerenyahan dan Anda dapat menikmati keripik atau camilan yang kemarin tak habis.

Tips tambahan, menyimpan keripik tidak akan tahan lama jika suhu lembab dan kemasukan udara. Artinya agar memastikan keripik tidak melempem, tambahkan kertas alas di bawah toples bagian dalam dan pastikan menutup topes kencang agar udara tak membuat melempem.