Daftar Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi Minuman untuk Penderita Diabetes (Photo by freestocks.org from Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika seseorang menderita diabetes, itu karena tubuh mereka tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, sehingga glukosa terakumulasi di dalam darah. 

Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari kelelahan hingga penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. 

Umumnya, jenis makanan dan minuman yang dapat diserap secara perlahan adalah yang dibutuhkan tubuh karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah. 

Untuk mengukur efek makanan atau minuman tertentu terhadap kadar gula darah dapat dilihat dari Indeks Glikemik (IG). Jika penderita diabetes ingin mengontrol level gula darah, maka mereka harus memilih makanan dengan skor IG rendah atau sedang. Bisa juga dapat mengkombinasikan makanan dengan skor IG rendah dan tinggi untuk memastikan bahwa makanan tersebut seimbang.

Mengutip laman Medical News Today, Senin, 1 Maret, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi minuman untuk penderita diabetes yang ingin menjaga kestabilan gula darah.

Susu skim

Penderita diabetes dapat mengonsumsi minuman penurun gula darah seperti susu skim tanpa pemanis. Dengan kandungan rendah lemak, minuman ini aman diminum setiap hari. Meski rendah lemak dan tanpa pemanis, susu skim tetap kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Jus alpukat

Buah alpukat sangat nikmat disantap langsung atau dijadikan jus. Buah ini juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes.

Kopi

Kopi (Photo by Kaboompics .com from Pexels)

 

Penderita diabetes pun masih aman jika ingin minum kopi asalkan tidak menambahkan campuran gula di dalamnya. Sebuah studi tahun 2012, menemukan bahwa kopi tanpa gula dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Batasan yang tepat untuk minum kopi bagi penderita diabetes yaitu 2 hingga 3 cangkir kopi per hari saja. 

Jus sayur

Jus sayur terbukti lebih aman diminum penderita diabetes dibandingkan jus buah. Pasalnya, pada jus buah ditemukan lebih banyak gula dibandingkan jus sayur. Untuk mengurangi rasa pahit, Anda bisa mencampurkan beberapa pilihan sayur menjadi jus, seperti tomat, seledri, dan mentimun. 

Teh

Teh (Gbr: Pixabay-Pexels)

 

Menurut penelitian, teh hijau dapat membawa dampak positif pada kesehatan tubuh. Meminum 6 cangkir teh hijau sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Teh jenis lain seperti teh hitam maupun teh herbal juga baik menurunkan kadar gula darah selama Anda tidak menambahkan gula ke dalamnya.

Air

Air putih menjadi minuman terbaik untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Rajin mengonsumsi air putih dapat mengurangi kelebihan glukosa sebab akan dibuang melalui urine. Agar dapat manfaat lebih air putih, Anda bisa menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, daun mint, atau madu ke dalam air putih.