5 Minuman Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes, Tak Cuma Air Putih
Ilustrasi Minuman Aman untuk Penderita Diabetes (Laårk Boshoff/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Tak sekadar itu, penderita  diabetes  juga tidak boleh mengonsumsi minuman secara sembarangan. Meski begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi beberapa jenis minuman seperti orang sehat pada umumnya. 

Bedanya, takaran bahan harus disesuaikan dengan penderita diabetes agar gula darah dalam tubuh tidak meningkat. Berikut ini lima minuman yang baik untuk kesehatan bagi penderita diabetes yang telah  VOI  rangkum dari laman HerStory, Kamis, 9 Desember.

teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes karena minuman ini mampu membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika Anda meminum teh hijau hingga 1,42 liter atau 6 cangkir per hari, maka dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

kopi

Minuman kopi juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Asalkan, kopi yang dikonsumsi yaitu jenis kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer. Penambahan krimer dan gula dapat menyebabkan peningkatan kalori sehingga kadar gula darah dapat naik seketika.

jus buah

Jus buah yang dibuat dari 100 persen buah murni aman dikonsumsi penderita diabetes. Diabetesi bisa minum sebanyak 113-117 gram jus buah per satu porsi. Nah, jus buah ini bisa diminum kapan saja selama jumlah tidak melebihi karbohidrat harian, ya.

jus sayur

Mungkin jus sayur masih menjadi hal yang tak banyak orang tahu. Jus sayur diingat lebih baik daripada jus buah. Hal ini karena rata-rata jus buah mengandung gula yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Nah, coba buat jus sayur dengan mencampur sayuran berdaun hijau, seledri, atau mentimun dengan segenggam beri untuk supali vitamin dan mineral.

kelapa

Selanjutnya yaitu air kelapa. Minuman ini aman dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan kalori di dalamnya sangat rendah. Selain itu, air kepa juga mengandung potasium, asam amino, dan vitamin B.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .