5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes saat Sahur
Ilustrasi jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes saat sahur (Freepik/vecstock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penting mempertimbangkan menu yang dimakan untuk sahur. Ini agar memberikan energi selama berjam-jam berpuasa. Artinya, Anda tetap bisa beraktivitas meski menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Bagi penderita diabetes, penting pula memilih dan membatasi porsi jenis makanan tertentu, terutama yang tinggi karbohidrat. Untuk lebih spesifik, berikut daftar jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes saat sahur.

1. Karbohidrat kompleks

Makanlah makanan karbohidrat dalam porsi kecil. Penuhi sumber karbohidrat dari biji-bijian utuh, lentil, quinoa, soba, sereal utuh, dan couscous. Jenis makanan ini melepaskan energi perlahan sehingga membantu menjaga kadar glukosa darah dan tidak mudah lapar.

jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes saat sahur
Ilustrasi jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes saat sahur (Freepik)

2. Buah dan sayuran

Kaya serat, buah, dan sayur sangat penting selama puasa karena meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Buah-buahan dan sayuran menyediakan serat. Anda bisa menyertakan buah dan sayur non tepung, seperti terong, kacang hijau,  dan jamur.

3. Makanan berprotein

Beberapa sumber protein, didapat dari telur, buncis, lentil, dan kacang-kacangan. Makanan berprotein pentung untuk pembentukan otot dan memiliki dampak lebih kecil terhadap glukosa darah. Penderita diabetes saat sahur, bisa mengonsumsi omelet, telur orak-arik, atau menu lainnya yang membuat kenyang lebih lama.

4. Makanan olahan susu

Jenis makanan olahan susu, seperti yoghurt, penting dikonsumsi saat sahur maupun berbuka karena memastikan Anda mendapatkan cukup kalsium. Anda bisa mengonsumsi yoghurt tawar dengan topping buah dan kacang-kacangan. Bisa juga membuat smoothies bersama buah segar. Bagi yang inteoleransi laktosa, dapat memilih susu bebas laktosa dari susu kedelai, almond, dan lainnya yang diperkaya kalsium.

5. Cairan

Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Melansir Know Diabetes, Senin, 11 Maret, dianjurkan minum 8 gelas air antara buka puasa sampai sahur. Tujuannya agar tubuh dapat menyesuaikan kadar cairan pada waktunya keesokan harinya.

Bagi penderita diabetes saat sahur, hindari minum minuman mengandung kafein karena dapat membuat kehilangan air lebih banyak. Hindari pula minuman manis dari gula tambahan.