Apakah Puasa Bisa Mengurangi Gula Darah? Penderita Diabetes Wajib Tahu
Apakah puasa bisa mengurangi gula darah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Puasa tidak hanya menjadi amalan ibadah, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Menjalani puasa bisa menjadi cara untuk mengontrol serta memperbaiki kondisi tubuh. Salah satu pertanyaan yang sering muncul yaitu apakah puasa bisa mengurangi gula darah?

Puasa diyakini dapat membantu tubuh dalam menjaga stabilitas kadar gula darah. Saat berpuasa memang kita lebih terbatas dan teratur dalam mengonsumsi makanan. Kebiasaan ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kontrol gula darah. Berbeda ketika hari-hari biasa atau sedang tidak puasa, di mana orang-orang cenderung tidak membatasi asupan makanan.

Saat menjalani puasa secara rutin, terjadi perubahan dalam tubuh termasuk kadar gula darah. Dengan catatan, tetap memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Penderita diabetes perlu menyimak penjelasan puasa bisa mengurangi gula darah. 

Puasa Dapat Mengurangi Gula Darah

Penelitian menyebutkan bahwa berpuasa bisa membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Dalam studi lain menunjukkan pada 10 orang penderita diabetes tipe 2 yang melakukan puasa intermittent jangka pendek dapat menurunkan gula darah secara signifikan. 

Ketika sedang berpuasa, tubuh akan membuang glukosa dari darah secara lebih cepat. Dengan kebiasaan mengurangi konsumsi makanan, tubuh juga akan mengolah lemak dan protein menjadi sumber energi. Kondisi ini bakal membuat kadar gula darah menurun. Selain itu, puasa juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin tubuh yang juga berperan dalam mengurangi kadar gula darah. 

Manfaat Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa manfaat berpuasa untuk penderita diabetes. Berikut ini sejumlah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Menurunkan Berat Badan

Berpuasa juga terbukti mampu menurunkan berat badan bagi yang menjalaninya secara rutin. Saat berpuasa, metabolisme tubuh akan meningkat dan dapat mengurangi lemak tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nature Reviews: Endokrinologi pada Mei 2022, menunjukkan bahwa puasa intermittent dapat membantu menurunkan berat badan sekitar 3-8% dari berat badan awal selama 8-12 minggu. 

Namun penurunan berat badan ini juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan memilih makanan dan minuman yang tidak mengandung banyak gula. Selain itu, Anda juga tetap perlu makan sahur secara optimal sebagai cadangan energi selama puasa. Anda bisa mengonsumsi makan berserat tinggi seperti beras merah, gandum, sereal, dan lainnya yang membuat rasa kenyang lebih lama. 

Melawan Peradangan

Kebiasaan makan yang dibatasi dan teratur juga mempengaruhi kesehatan usus dan mikrobiota. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan mengurangi asupan makanan atau berpuasa secara rutin, maka juga bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Meningkatkan Fungsi Otak dan Terhindar dari Gangguan Neurodegeneratif

Puasa juga memiliki efek baik bagi kesehatan otak, seperti meningkatkan kinerja otak, mencegah risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson, serta sintesis sel saraf. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa yang dilakukan secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menerapkan gaya hidup sehat, termasuk pola makan, menjadi cara efektif dalam mengurangi risiko gangguan jantung. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa rutin berpuasa juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga termasuk menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan serta kadar gula kolesterol total, dan kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida darah. 

Penelitian lain terhadap 4.629 orang mengaitkan antara puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah. Selain itu, puasa juga menurunkan risiko diabetes yang juga menjadi faktor utama penyakit jantung. 

Demikianlah ulasan penjelasan dari apakah puasa bisa mengurangi gula darah. Berpuasa secara rutin juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Namun hal itu juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan porsi makan. Baca juga batasan makan kurma per hari

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.