Segera Ubah 7 Kebiasaan ini, Sebab dapat Memicu Hipertensi
Ilustrasi tensimeter (Unsplash/Marcelo Leal)

Bagikan:

JAKARTA – Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu hipertensi tingkat satu, hipertensi tingkat dua, dan darurat hipertensi di mana tekanan darah mencapai 180/120 mmHg. Paling mengkhawatirkan, hipertensi tidak mengenal usia.

Artinya berapapun usia Anda, dapat mengalami hipertensi jika masih menjalani kebiasaan berikut ini:

Malas bergerak

Duduk seharian di kursi kerja tanpa bergerak atau berolahraga dapat menjadi penyebab hipertensi. Tentu lelah setelah bekerja, tetapi sebisa mungkin berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit untuk mengurangi risiko mengalami tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa berolahraga atau menggerakkan badan dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Tidak bisa mengelola stres

Persoalan dan banyaknya tekanan memang sering menyebalkan. Tetapi yang lebih penting bukan membuat pikiran Anda kacau karena mengalami masalah dan banyak tekanan. Anda bisa mengelola stres yang mempermudah meningkatan tekanan darah.

Stres dapat membuat pembuluh darah menyempit. Karena stres juga dapat mempercepat denyut jantung, maka Anda perlu mengelola perasaan Anda. Caranya? Cobalah menekuni aktivitas merilekskan diri seperti meditasi, yoga, maupun menjalani aktivitas sehari-hari yang menenangkan.

Pola makan buruk

Apakah Anda sering melewatkan sarapan? Hindari ini, ya. Memulai aktivitas dengan sarapan memperkecil kemungkinan menjalani pola makan buruk.

Usahakan sarapan sehat pada pagi hari dan makan teratur. Ditambah lagi, ketahui kandungan nutrisi setiap makanan yang Anda makan. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi sodium atau garam dan perbanyak mengonsumsi makanan segar tanpa diolah.

Tidur kacau

Tidak ada yang menduga bahwa tidur memiliki peran yang signifikan pada kesehatan. Sekali Anda mengalami tidur kacau, maka fisik dan mental akan kacau juga.

Sering begadang, banyak minum minuman berkafein ditambah stres dapat dengan mudah mengundang penyakit yang satu ini, hipertensi.

Kelebihan berat badan

Memiliki indeks massa tubuh normal bisa meminimalisir hipertensi, sebab semakin kelebihan berat badan semakin jantung bekerja keras dalam memompa darah pengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

penyebab hipertensi
Ilustrasi timbangan badan (Unsplash/I yunmai)

Semakin tinggi denyut jantung, maka semakin tinggi pula tekanan darah. Artinya tetaplah menjaga kesesuaian berat badan agar tetap sehat.

Mengonsumsi beberapa minuman beralkohol

Sementara waktu ketika mengonsumsi alkohol dalam jumlah kecil dapat melebarkan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah. Tetapi dari banyak penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan minum alkohol dalam dosis tinggi dapat memperburuk gejala hipertensi.

Merokok

Yang berbahaya adalah kandungan nikotin dalam rokok. Kandungan tersebut dapat memicu sistem sarat melepaskan zat kimia yang menyebabkan penyempitan pembuluh dan tekanan darah meningkat.

Mana kebiasaan penyebab hipertensi yang pernah atau Anda sudahi sampai saat ini? Disamping tujuh penyebab hipertensi di atas, pengaruh genetis, terjadi masalah pada tiroid, kehamilan, mengonsumsi obat-obatan, dan masalah pada ginjal juga dapat memicu tekanan darah tinggi.