Dari Sekian Banyak Tipe Diet, Mana yang Paling Tepat? Begini Tips Memilihnya
Ilustrasi timbangan dan meteran (Pexels/Pixabay?

Bagikan:

JAKARTA – Berbagai tipe diet membuat Anda bingung harus memilih yang mana? Tenang, dari sekian banyak varian Anda hanya membutuhkan satu tipe diet yang cocok dan besar implikasinya pada hidup.

Pada dasarnya diet adalah cara mengatur asupan dan gaya hidup sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Setiap diet memiliki anjuran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Lantas apa yang dibutuhkan tubuh Anda? Simak penjelasan berikut dilansir dari VeryWellFit, Senin, 9 Maret.

Bulatkan tujuan

Setiap diet memiliki tujuan, apakah tujuan Anda untuk diet? Tipe diet antara lain menurunkan berat badan, diet diabetes, diet jantung, diet agar lebih bahagia, dan diet untuk mengatur kesehaan keseluruhan.

Sebelum menjalani satu tipe diet, Anda perlu membulatkan tujuan Anda. Misalnya, Anda perlu memiliki data keseluruhan dari medical checkup.

Sebab perlu mengetahui karakter tubuh, genetika, dan keadaan psikologis maka diperlukan data yang lengkap. Kecuali Anda dalam keadaan sehat tapi membutuhkan diet agar sehat paripurna.

Tentukan tipe diet sesuai budget

Dana untuk diet tak mungkin sejumlah pengeluaran sehari makan Anda. Sebab diet diharapkan berkelanjutan sehingga dapat mengubah seluruh pola hidup yang tidak sehat, maka tentukan dulu alokasi budget untuk diet.

Setelah sudah membuat perencanaan alokasi dana, maka bisa memilih satu diet yang tepat mencakup kebutuhan biaya konsumsi, layanan dukungan, referensi, dan kelas-kelas tambahan seperti jenis olahraga yang tepat.

Jika memungkinkan ikuti program diet yang komersial karena berdasarkan peneliian dari Journal of American Medical Association menemukan bahwa orang yang mengikuti diet terstruktur akan kehilangan lebih banyak berat badan daripada mandiri.

Namun, banyak juga yang berhasil lewat program terstruktur dari aplikasi gratis. Maka, tentukan sesuai kemampuan masing-masing dan tetaplah membuka diri sebab Anda tak sendiri.

Kenali jadwal diet

Diet tentu menyarankan untuk makan sehat, dan fakanya makan sehat membutuhkan persiapan. Termasuk persiapan memesan katering program diet atau menyiapkan sendiri makanan tersebut di rumah. Artinya selain merencakanan alokasi dana, Anda perlu menghitung setiap jadwal diet.

Pukul berapa disarankan makan siang dan kapan menyiapkan makanan tersebut disela pekerjaan atau akivitas Anda sehari-harinya.

memilih cara diet
Ilustrasi diskusi (Pexels/Christina Morillo)

Bentuk dukungan sosial

Keberhasilan program diet tak bisa lepas dari dukungan sosial. Apakah rekan Anda atau keluarga mendukung diet yang ingin Anda jalani? Maka beri pengetahuan sekeliling Anda agar mendapatkan dukungan dan berhasil maksimal.

Evaluasi usaha diet Anda

Sebelum yang terakhir, pernahkah Anda mencoba diet tetapi gagal? Cobalah untuk mengevaluasi kegagalan dan belajar mencari solusi dari ketidakberhasilan diet tersebut.

Apa saja yang perlu diselidiki dari kegagalan diet terakhis? Mulai dari rasa lapar, porsi makan terlalu sedikit, makanan tidak nyaman di perut, efeknya pada kebahagiaan hingga pertanggungjawaban atas pilihan jenis diet.

Terakhir, diet dijalankan dengan penuh kesadaran, membahagiakan, dan menyehakan. Artinya selama menjalankan diet jangan sampai Anda merasa tertekan atau membua suasana hati berantakan.

Maka persiapkan dari awal mulai dari perencanaan hingga selama berapa bulan diet Anda akan mencapai tujuan.