Tips Memilih Sepatu Tenis yang Tepat agar Bermain Maksimal, Jangan Asal Tergiur Merek
Tips memilih sepatu tenis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tenis tengah menjadi olahraga yang digemari di Indonesia, sejak banyak influencer dan seleb yang hobi bermain tenis. Salah satu perlengkapan yang penting dimiliki bagi Anda yang ingin bermain tenis adalah sepatu. Namun sebelum membelinya, Anda perlu tahu cara atau tips memilih sepatu tenis yang tepat. 

Saat bermain tenis sebaiknya jangan asal memakai sepatu, tapi gunakan khusus bermain tenis. Dengan memakai sepatu tenis yang tepat, pemain bisa bergerak dengan lebih gesit dan nyaman saat beraksi di lapangan. Ada berbagai model dan merek sepatu tenis yang dijual di pasaran. 

Saat akan beli sepatu tenis, Anda harus jeli memilihnya agar sesuai dengan kenyamanan kaki dan kebutuhan saat bermain. Lantas seperti apa tips memilih sepatu tenis yang tepat untuk menunjang permainan jadi maksimal?

Tips Memilih Sepatu Tenis yang Tepat

Dari begitu banyaknya merek dan model sepatu tenis yang dijual di pasaran, mungkin Anda bingung ingin memilih yang mana. Selain ukuran yang pas di kaki, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sepatu tenis. 

Berikut ini beberapa tips memilih sepatu tenis yang tepat agar penampilan bisa maksimal:

Menyesuaikan dengan Jenis Kaki

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli sepatu tenis adalah mengenali jenis kaki Anda. Dengan mengetahui karakteristik kaki, Anda bisa memilih sepatu tenis yang cocok. Sebab sepatu tenis yang dijual di pasaran memiliki desain yang beragam. Ada sepatu yang bagian depannya sedikit melengkung, ada yang datar, maupun melebar. 

Pastikan Anda memilih sepatu tenis yang nyaman di kaki, terdapat ruang di bagian jari-jarinya agar tidak sempit. Misalnya apabila Anda memiliki jenis kaki pronasi, maka pilih sepatu yang tidak cepat aus di bagian dalamnya. Anda bisa memilih sepatu dengan dukungan lateral yang dapat menghindari cedera bagian pergelangan tangan. 

Melihat Desain dan Bahan

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melihat desain dan bahan sepatu. Ada berbagai material atau bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu tenis. Umumnya sepatu tenis didesain beralas datar, dengan bahan yang teksturnya sedikit keras. Desain ini berfungsi untuk menahan kaki dan memberikan kontrol agar seimbang saat digunakan. 

Sebaiknya Anda memilih sepatu tenis dengan bahan yang nyaman bagi kaki Anda, misalnya bahan lembut dan tidak berat. Dengan begitu Anda bisa bergerak lebih fleksibel dan nyaman saat bermain dalam waktu lama. 

Menyesuaikan dengan Jenis Lapangan

Selanjutnya Anda perlu menyesuaikan sepatu tenis dengan jenis lapangan yang Anda gunakan bermain. Secara umum ada tiga jenis lapangan tenis, yaitu hard court, clay court, dan grass court. 

Apabila Anda bermain di lapangan hard court, sebaiknya Anda gunakan sepatu tenis dengan bantalan superior sehingga kaki terasa baik. Jika bermain di lapangan clay court, pilih sepatu dengan permukaan yang memiliki cengkraman kuat. Misal Anda bermain di lapangan grass court, pakailah sepatu dengan sol bermotif dan bagian atasnya menggunakan perpaduan bahan jaring dan sintetis untuk rumput. 

Pilih Sesuai Gaya Bermain

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih sepatu yang sesuai dengan gaya bermain. Setiap pemain tenis memiliki gaya bermain yang berbeda-beda, sehingga perlu menggunakan sepatu yang mendukung aksinya di lapangan. 

Apabila Anda memiliki gaya bermain baseline yang suka main di belakang garis, maka sebaiknya gunakan sepatu dengan bantalan superior. Bantalan tersebut membuat kaki Anda merasa nyaman ketika bergerak menyamping sepanjang sepatu. Berbeda jika Anda pemain tipe volley dan serve, maka disarankan memakai sepatu dengan ujung yang awet dan fleksibel. 

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih sepatu tenis yang tepat agar bisa bermain dengan maksimal. Saat akan membeli sepatu tenis jangan asal tergiur merek, namun pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di atas agar mendapatkan sepatu yang tepat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.