Wajib Tahu! Inilah 8 Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman di Kaki
Ilustrasi (freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips memilih sepatu lari wajib diperhatikan supaya Anda dapat memilih sepatu lari yang tepat. Pemilihan sepatu lari merupakan hal krusial, karena salah pilih bisa membuat kaki mengalami cedera.

Meski terlihat sederhana, olahraga lari juga membutuhkan perlengkapan penunjang agar lebih aman dan nyaman, salah satunya sepatu lari.

Tips Memilih Sepatu Lari

Asal tau saja, sepatu lari biasanya didesain agak berbeda dengan alas kaki pada umumnya. Mulai dari bentuk, berat, ataupun tingkat kenyamanan ketika dipakai.

Lantas, apa saja perlu menjadi pertimbangan ketika memilih sepatu lari? Dihimpun VOI dari berbagai sumber, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih sepatu lari:

  1. Memiliki Alas yang Kuat

Saat memilih sepatu lari, perhatian kekuatan alas kaki sepatu. Pasalnya, sepatu lari dirancang untuk melindungi kaki dari permukaan yang keras.

Sepatu lari dengan alas yang kuat dan kokoh bisa membantu Anda melewati jalanan yang tidak rata.

  1. Memiliki Bantalan Empuk

Bantalan pada sepatu juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih sepatu lari.

Bantalan yang empuk bisa membuat kaki tetap nyaman, meski sedang melewati jalanan yang tidak rata.

Umumnya, bantalan sepatu dibuat dengan lengkungan tinggi dan rendah. Pilihlah bantalan yang pas dan tetap terasa nyaman ketika dipakai untuk berlari. Jangan pilih bantalan yang terlalu tinggi agar kaki tidak mudah kram atau pegal.

  1. Pilih Sepatu yang Pas dengan Ukuran Kaki
Ilustrasi sepatu lari
Ilustrasi sepatu lari yang nyaman untuk kaki (un-perfekt/Pixabay).

Mengenakan sepatu lari yang kebesaran berpotensi membuat Anda cedera. Anda bisa saja terjatuh ataupun tersandung karena ukuran sepatu yang tidak pas. Sepatu kaki dengan ukuran terlalu besar tidak bisa ‘memeluk’ kaki sepenuhnya.

  1. Memiliki Bantalan di Tumit

Adanya bantalan di tumit bisa membuat Anda lebih nyaman ketika berlari. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu lari dengan bantalan yang dapat mencengkram tumit namun tidak mengiritasi.

  1. Heel Counter

Yang dimaksud dengan heel counter adalah bagian sepatu yang berada pada bagian belakang sepatu. Heel Counter ini berfungsi untuk menyangga dan menutupi tumit.

Heel pada sepatu lari biasanya terletak di bagian baawah alas kaki yang menyatu dengan badan sepatu.

Heel counter berguna untuk menopang kaki belakang dan melindungi tumit dari bagian luar. Selain itu, heel counter bisa membuat tumit menapak dengan dukungan yang sempurna.

  1. Pilih Sepatu Lari yang Talinya tidak Mudah Copot

Tak sedikit yang abai terhadap tali sepatu ketika memilih sepatu lari. Padahal, tali yang mudah copot merupakan hal yang sangat mengganggu.

Oleh sebab itu, perhatikan bagaimana tali dapat menahan kaki ketika dipakai. Pilihlah bentuk tali yang praktis sehinga ikatan tidak mudah lepas ketika digunakan.

  1. Memiliki Alas Karet Busa

Selain memiliki alas yang kuat, sepatu lari juga harus dilengkapi dengan material yang pas, seperti alas karet atau busa agar gerakan lari dapat maksimal. Material ini bisa meningkatkan pantulan dan meningkatkan fleksibilitas.

Tak hanya itu, bentuk tapak dengan karet ini juga dapat meningkatkan stabilitas yang diinginkan di bawah kaki.

  1. Perhatikan Ketebalan Midsole Pas

Midsole pas merupakan bagian alas sepatu yang terletak di bagian tengah kaki. Memilih sepatu lari dengan ketebalan dan bahan midsole yang pas dapat meningkatkan kecepatan berlari tanpa adanya beban yang berlebih.

Selain itu, midsole pas juga bisa menjadi bantalan tambahan agar kaki tidak terasa pegal saat melakukan olahraga lari.

Demikianlah tips memilih sepatu lari yang wajib Anda perhatikan. Semoga dapat menjadi pertimbangan ketika memilih sepatu lari.