Tips Memilih Sepatu Sneakers yang Pas untuk Kaki Lebar
Ilustrasi tips memilih sepatu sneakers yang pas untuk kaki lebar (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang memiliki bentuk kaki lebar, tak mudah menemukan jenis sepatu yang pas dan nyaman dipakai. Ini karena tak banyak produsen sepatu sneakers yang memperhatikan konstruksi produknya untuk kaki lebar. Kalaupun ada merek sepatu sneakers yang nyaman untuk kaki lebar, pasti harus menunggu restock produk karena cepat habis di pasar. Berikut tips memilih sepatu sneakers untuk kaki lebar.

1. Desain yang pas

Sepatu sneakers untuk lari biasanya paling mungkin berubah ukurannya, menurut pakar gaya Naina Singla dilansir Byrdie, Kamis, 14 Maret. Ini karena sebagian besar sepatu lari berevolusi, semakin sering dipakai lari, semakin cepat berubah ukurannya. Tetapi sepatu lari harus dipilih yang sesuai dengan struktur kaki dan kenyamanan supaya meminimalisir lecet dan luka.

Tips dalam memilih sepatu sneakers untuk kaki lebar, cobalah berbagai desain baik dari merek yang sama atau berbeda. Menurut spesialis kaki dokter Sarah Richards, DPM., sepatu dengan desain lebih lebar pada ujungnya mengakomodasi kaki lebar dengan baik.

tips memilih sepatu sneakers untuk kaki lebar
Ilustrasi tips memilih sepatu sneakers yang pas untuk kaki lebar (Freepik/wayhomestudio)

2. Perhatikan bahan

Tentu sol sepatu sneakers untuk kaki lebar harus memiliki bantalan dan penyangga. Selain itu, jangan lupakan bagian atasnya saat memutuskan sepatu mana yang paling nyaman. Saran podiatri bedah bersertifikat, Nelya Lobkova, DPM., pilih bagian atas sepatu sneakers yang lembut dan fleksibel. Kalau bahannya nyaman bisa menyesuaikan dengna banyak kelainan bentuk kaki, seperti bunion yang menyebabkan kaki menjadi lebar. Hindari bahan yang kaki karena kurang lentur.

3. Beli di toko yang kredibel

Selain memilih merek yang terpercaya memproduksi sepatu sneakers nyaman, penting juga memilih toko belanja sepatu. Richards mengatakan, penting untuk pergi ke toko sepatu sesuai yang Anda cari. Kalau Anda mencari sneakers untuk lari, pergilah ke toko yang menjual banyak merek dan model sepatu lari. Beberapa merek mungkin memiliki ukuran yang sempit dan tidak cocok untuk kaki lebar. Lebih penting lagi, saat belanja disarankan dicoba secara langsung. Jika berbelanja secara daring, filter situs untuk sepatu berukuran lebar dan cek ulasan pelanggan.

Itulah tips memilih sepatu sneakers untuk kaki lebar. Memiliki kaki lebar, dikenali ketika memakai sepatu yang nggak pas terasa terjepit. Terkadang kaki besar disebabkan kelainan, seperti kerataan kaki dan bunion. Kalau memiliki kaki rata atau bunion, akan lebih nyaman memakai sepatu ukuran lebar. Sedangkan referensi merek sepatu yang memiliki produk memungkinkan dipakai kaki lebar, antara lain Vans Old Skool, New Balance 608 V5 Cross Trainer, Hoka Clifton 9, dan On Claudstratus.