Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepatu kets tebal yang fungsional, atau populer dikenal dengan sebutan chunky sneakers, tren dari puluhan tahun lampau hingga saat ini. Meski dunia fashion senantiasa berkembang, tetapi variasi dan inovasi dari model sepatu dengan sol tebal ini, tak diragukan lagi menghias kembali kaki-kaki orang modern.

Chunky sneakers dikenal juga dengan julukan “dad sneaker” yang mulai populer di dunia mode sejak 1990-an. Dengan cepat, model sepatu ini populer di masyarakat. Model sepatu kets chunky ini, dikenali dengan solnya yang tebal dan besar serta memiliki desain berani. Sepatu model ini juga menghadirkan perubahan mencolok dari visualnya yang ramping hingga minimalis. Tetapi penting diketahui, chunky sneakers merupakan alas kaki yang fungsional. Selain dipakai untuk aktivitas atletis, seperti olahraga basket, jogging, hingga gym, sepatu ini juga memberikan dukungan dan kenyamanan optimal pada kaki.

Istilah "chunky" menggambarkan inti dari sepatu kets ini, karena mengacu pada tampilan solnya yang tak disembunyikan. Meskipun bagian atas sepatu mungkin menampilkan berbagai bahan dan desain, solnya yang menonjol dan menarik perhatianlah yang mendefinisikan gaya sepatu chunky. Estetika unik ini telah memenangkan hati para penggemar mode dan selebritas, sehingga menjadikan sepatu ini tren yang tak lekang oleh waktu.

chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja
Ilustrasi chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja (Freepik/haritanita)

Sepatu ini, cocok dikenakan pada segala musim. Karena berdasarkan desainnya dibuat tahan cuaca. Selain itu juga masuk dalam gaya berpakaian, baik kasual hingga tampil anggun atau dipadukan dengan busana feminin. Baik itu merek memakai Hoka hingga New Balance atau produk lokal Indonesia, seperti 910, untuk panduan bergaya mengenakan model sepatu chunky sneakers, berikut tipsnya.

Padukan dengan gaun

Kalau ingin tampil feminin memakai gaun atau terusan, bisa memakai alas kaki chunky. Tetapi penting dicatat, jangan sampai memakai gaun yang lebih panjang. Pilih gaun yang jatuh di atas sepatu. Kalau mengenakan maxi dress, gaun dengan belahan tinggi cocok dikenakan bersama sepatu kets bersol tebal. Nah, kalau gaun bermotif berani, kenakan motif sepatu chunky dengan warna solid seperti hitam, putih, atau abu-abu.

Pertimbangkan warna

Warna chunky sneakers banyak pilihannya. Mulai dari berwarna mencolok yang kontras, tetapi ada juga warna yang manis. Untuk itu, penting mempertimbangkan perpaduan warna oufit dengan alas kaki Anda. Misalnya, jika Anda mengenakan atasan dan bawahan putih, paling serasi jika memakai alas kaki chunky dengan warna solid atau yang lebih berwarna.

chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja
Ilustrasi chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja (Freepik/svetlanasokolova)

Padankan dengan kemeja flannel dan skinny jeans

Skinny jeans sama populernya dengan chunky sneakers. Kedua outfit popular ini, bisa dipadankan. Namun penting untuk memilih atasan yang tepat. Atau setidaknya mengesankan gaya yang netral. Kemeja flannel, misalnya, yang bermotif kotak atau polos sehingga tebal kesan kasual namun tetap terlihat berkelas.

chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja
Ilustrasi chunky sneakers untuk olahraga sekaligus bekerja (Freepik/maryamarkevich)

Kombinasikan dengan busana yang nyaman

Melansir Outfit Trends, Senin, 4 Desember, kenyamanan adalah prasyarat untuk mengenakan setiap pakaian. Baik itu digunakan untuk acara formal atau aktivitas olahraga Anda, kenyamanan perlu dipertimbangkan. Salah satu cara untuk memilih pakaian yang nyaman, ialah memperhatikan ukuran pas. Kalau ukurannya pas dan gerak Anda fleksibel, maka tidak membatasi aktivitas. Terlebih memakai sepatu sol tebal seperti chunky sneakers.

Kalau Anda memakai atasan oversized, pas untuk dipadukan dengan sepatu kets yang fungsional seperti chunky sneakers. Bahkan, sepatu model ini cakep kalau dipadukan dengan rok maupun celana pendek.