Buat Wanita Modern yang Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi, Perhatikan 5 Hal Ini
Ilustrasi tips pakai sepatu hak tinggi (Freepik/drobotdean)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tumit merupakan bagian kaki yang paling sakit kalau tak tepat dalam memilih sepatu high heels. Kadang terasa sangat pegal atau kram tiba-tiba setelah seharian memakai sepatu hak tinggi. Tetapi di sisi lain, memakai sepatu berhak tinggi dan lancip dapat membentuk postur tubuh yang sempurna. Lantas bagaimana menyeimbangkan agar kaki tidak sakit sementara tetap harus memakai sepatu hak tinggi untuk performativitas optimal? Berikut tips yang bisa Anda praktikkan dalam memakai sepatu high heels.

1. Pilih yang pas

Sepatu kekecilan ataupun kebesaran tentu akan membawa bencana. Tidak hanya pada penampilan tetapi membuat kaki terluka. Langkah pertama agar jalan lenggok Anda mulus dengan high heels, upayakan lebih selektif dalam memilih sepatu feminin ini. Kalau Anda pemula, hindari hak sepatu terlalu tinggi. Mulailah secara bertahap dari hak yang paling rendah, kemudian jika sudah lincah bisa menambah ketinggian bantalan sepatu.

Saat membeli sepasang sepatu hak yang sempurna, pilih bahan berkualitas dan otentik. Disarankan lakukan pengepasan ukuran pada sore hari saat kaki bekerja maksimal. Jangan memaksakan kaki agar pas dengan sepatu hak tertentu. Artinya lebih dianjurkan mengukur ulang sepatu setiap 4-6 bulan untuk memastikan sepatu lama Anda masih tepat dengan ukuran kaki.

tips pakai sepatu hak tinggi buat wanita modern
Ilustrasi tips pakai sepatu hak tinggi (Freepik/stefamerpik)

2. Pertimbangkan postur tubuh

Berjalan dengan sepatu hak secara efektif harus dilakukan dengan postur tubuh yang benar. Kenakan sepatu flat, karena ini dapat meletakkan seluruh bagian telapak kaki di tanah. Kalau mengenakan sepatu hak, lakukan beberapa kali latihan untuk memastikan ujung sepatu lebih dulu yang menapak tanah alih-alih tumit. Ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan.

3. Berjalan dengan langkah kecil

Untuk pemula, disarankan berjalan dengan langkai kecil. Tujuannya agar tidak melukai diri sendiri. Kalau berjalan dengan langkah besar, akan membuat Anda terlihat goyah dan tidak wajar. Selain itu, memakai sepatu hak tinggi enggak bisa untuk berjalan terburu-buru.

tips pakai sepatu hak tinggi
Ilustrasi tips pakai sepatu hak tinggi (Freepik/zinkevych)

4. Pertimbangkan rute jalan yang dilewati

Saat memakai heels shoes, jangan sampai melewati jalan kerikil berbatu karena ini akan menyulitkan Anda melangkah dan menjaga keseimbangan. Secara keseluruhan, baiknya Anda merencanakan hari Anda sehingga dapat memakai outfit yang tepat dan tidak menyakiti kaki.

5. Rawat kaki dengan baik

Anda tidak perlu menyiksa diri untuk terlihat sempurna. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apabila memang memungkinkan memakai heels, maka Anda bisa melakukannya. Tetapi penting untuk dipertimbangkan, untuk tampil cantik sempurna tak harus merasakan sakit. Trik terakhir untuk wanita modern yang sering memakai sepatu hak tinggi, jangan lupa untuk merawat kaki. Sesekali, Anda bisa memanjakan kaki di spa atau salon. Atau kalau di rumah, rendam kaki dengan garam laut setelah seharian bekerja.