Batas Aman Menggunakan Heels: dari Durasi Waktu hingga Tinggi Hak
Ilustrasi sepatu heels (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi wanita, menggunakan sepatu heels atau sepatu hak tinggi kini dianggap sebagai kebutuhan fashion. Sayangnya pemakaian sepatu tersebut tak diimbangi dengan pengetahuan tentang batas aman menggunakan heels.

Seperti diketahui sepatu heels adalah jenis sepatu wanita yang di bagian tumit lebih tinggi dibanding bagian jari kaki. Fungsi sepatu heels salah satunya adalah untuk memberi kesan badan lebih tinggi daripada aslinya.

Pemakaian sepatu hak tinggi kadang memang perlu dilakukan, namun pemakai disarankan untuk tahu batas aman pakai heels, baik terkait waktu hingga tinggi hak tumit.

Batas Aman Menggunakan Heels

Dilansir dari situs womenshealthmag, ahli bidang kesehatan kaki (podiatrist) L. Kelsey Armstrong menjelaskan bahwa sepatu hak tinggi punya dampak buruk untuk kaki. Pasalnya sepatu tersebut menempatkan posisi kaki secara tidak wajar. Akibatnya akan muncul tekanan di bagian telapak kaki yang dapat menyebabkan kapalan, patah tulang, hingga osteoartritis lutut.

Terkait batas aman durasi pakai heels, Kelsey Armstrong tak menjelaskan secara gamblang. Ia hanya mengatakan bahwa risiko yang disebutkan sebelumnya bisa dihindari dengan cara mengurangi jumlah jam penggunaan sepatu hak tinggi.

“Jumlah waktunya bergantung pada jenis sepatu dan jenis aktivitas yang Anda lakukan dengannya,” kata Armstrong, dikutip Selasa, 23 April.

Berikut ini panduang menggunakan sepatu hak tinggi yang didasarkan pada aktivitas serta kemungkinan durasi yang dibutuhkan.

  • Sepatu Hak Rendah (1,5 inci atau lebih pendek)

Gunakan sepatu hak rendah dengan tinggi heels maksimal 1,5 inci saat berbelanja atau kegiatan lain yang menuntut pemakai untuk berdiri lebih lama. Disarankan untuk membatasi durasi pemakaian hak ini maksimal 4 jam per hari.

  • Sepatu Hak Sedang (1,5 sampai 3 inci):

Sepatu jenis ini lebih baik digunakan hanya di acara dengan durasi berdiri tidak terlalu lama seperti ketika pesta pernikahan, makan malam, dan sebagainya. Armstrong merekomendasikan pemakaian heels sedang hingga 3 jam. Hindari pemakaian lebih dari durasi tersebut.

  • Sepatu Hak Tinggi (3,5 inci atau Lebih)

Pemakaian heels jenis ini tidak direkomendasikan sama sekali atau lebih baik dihindari. Namun jika ada suatu kondisi yang membuat Anda menggunakannya, seperti saat fashion show  atau acara pementasan tertentu, gunakan maksimal hanya 1 jam.

“Jika sepatu lebih suportif—memiliki ujung yang tertutup, atau berbentuk wedge—Anda mungkin bisa memakainya lebih lama dari pedoman ini,” kata Armstrong.

Disarankan pula untuk pengguna mengetahui tips tetap nyaman memakai sepatu high heels, misalnya dengan memastikan ukurannya, menyesuaikan dengan jenis kaki, dan sebagainya. Pengetahuan tersebut akan membantu pemakai meminimalisir dampak buruknya untuk kaki.

Itulah informasi terkait batas aman menggunakan heels. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.